Honda Civic Type R FK8 2018 : Aggressive, Powerful, Fun

Honda Civic Type R FK8 2018 : Aggressive, Powerful, Fun

Untuk pertama kalinya Honda Prospect Motor merilis Honda Civic versi sport-nya yaitu Honda Civic Type R. Mobil yang mencetak waktu 7:43,8 untuk 1 lap sirkuit Nurburgring Nordschleife ini resmi debut di Indonesia saat gelaran GIIAS 2017. Kami mendapatkan kesempatan dari dealer Honda Sunter untuk mencoba mobil dengan kelir Championship White kebanggaan Honda ini.

Honda Civic Type R FK8 2018 Indonesia

Kami pun sepakat memberikan 3 kata untuk mobil ini yaitu aggressive, powerful, dan fun. Mengapa? Meskipun kami mencobanya hanya dalam waktu sebentar, rasanya 3 kata tersebut sudah menggambarkan Honda Civic Type R dengan sasis FK8 ini. Apalagi pihak Honda Sunter mengatakan bahwa mobil ini enak dipakai harian, namun siap dibawa ke sirkuit.

Honda Civic Type R FK8 2018 Indonesia

Membahas aggressive, secara garis besar diliat dari eksterior memang tetap mempertahankan tampilan ciri khas Honda seperti bemper depan dan belakang, namun didesain ulang tentunya agar Civic Type R memiliki aerodinamis yang lebih baik. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya beberapa ventilasi di bemper depan ditambah front lip aksen karbon, kap mesin, hingga fender-nya yang juga dibuat lebih lebar.

Honda Civic Type R FK8 2018 Indonesia

Masih dari aerodinamis, bagian samping ditambahkan side skirt, berikut bemper belakang yang juga dibuat lebih agresif ditambahkan lip dan diffuser, serta rear wing yang ukurannya cukup besar. Oh iya, sekelilling mulai dari front lip, side skirt dan belakang diberikan aksen merah yang tipis untuk mengentalkan sporty-nya, juga berlaku pada bibir velg.

Honda Civic Type R FK8 2018 Indonesia

Sementara velgnya sendiri diberikan desain palang 10 berkelir hitam, dengan diameter 20 inci, dibalut ban 245/30. Tidak usah mencibir ban terlalu tipis, karena hal ini sudah diperhitungkan oleh para insinyur Honda Civic Type R FK8, apalagi mobil ini dikembangkan di sirkuit. Mendukung performanya, rem depan dibekali cakram model cross-drilled dengan kaliper 4 piston, namun untuk belakang cukup 1 piston. Selain suspensi juga model sport, mobil ini juga didukung dengan Active Damper System.

Honda Civic Type R FK8 2018 Indonesia

Masuk interior, Honda mempertahankan ciri khas mobil jenis Type R yang sudah ada sejak dulu, yaitu warna hitam dan merah, utamanya sepasang jok depan jenis semi bucket dengan bahan suede. Bahan ini juga menghiasi doortrim hingga konsol tengah. Mengenai jok, pengaturannya masih tuas, namun hal ini dimaklumi, karena jika elektrik terdapat komponen penggerak yang akan menambah beban mobil.

Honda Civic Type R FK8 2018 Indonesia

Desain dashboard, doortrim dan lainnya juga tetap sama seperti versi standar, namun dikombinasi aksen kelir merah dan karbon. Setir berlapis kulit pun berwarna hitam kombinasi merah. Selain itu, tuas perseneling manualnya seperti mobil Honda model Type R umumnya, yaitu aluminium dengan angka-angka warna merah.

Honda Civic Type R FK8 2018 Indonesia

Instrument cluster Civic Type R kini sudah digital secara keseluruhan, dan disesuaikan dengan nuansa merah. Bagian ini juga menampilkan beragam informasi, salah satunya boost pressure. Kemudian untuk head unit juga disesuaikan dengan Civic Type R yaitu nuansa merah. Head unit dapat menampilkan beragam informasi pada mobil, jadi spion tambahan ketika sein kiri, dan menampilkan gambar dari rearview camera.

Honda Civic Type R FK8 2018 Indonesia

Bericara powerful, jika generasi 1 hingga 3 Honda Civic Type R dibekali mesin naturally aspirated, namun untuk Honda Civic Type R generasi ke-5 ini justru sudah dilengkapi turbo. Hal ini pun sudah dilakukan sejak generasi 4, dan nampaknya akan berlanjut ke generasi-generasi selanjutnya.

Honda Civic Type R FK8 2018 Indonesia

Di generasi ke-5 Honda Civic Type R dibekali mesin 4 silinder 2.000 cc VTEC komplitt turbo. Mesin Earth Dreams Technology ini menghasilkan output 310 PS dan 400 Nm. Mesin dikirimkan ke roda depan melalui transmisi 6-speed dengan rasio cukup rapat yang tentunya untuk mempercepat akselerasi.

Honda Civic Type R FK8 2018 Indonesia

Masuk ke pembahasan fun, betul karena Honda Civic Type R bisa dibilang fun to drive menurut kami. Meski berstatus sport, saat berkendara santai, bantingan yang dirasakan tidak seperti yang kami perkirakan, masih tergolong empuk. Transmisi manual pun tidak masalah, karena kami tidak merasakan kerasnya pedal kopling. Hal ini juga tidak masalah ketika menemui kondisi macet, bagi yang sudah terbiasa manual.

Saat dikendarai secara normal maupun berakselerasi, suara yang dihasilkan mesin tergolong tidak berisik. Mungkin karena knalpot yang desainnya unik ini mampu meredam suara mesin secara maksimal. Berbicara kesenyapan, kabin Honda Civic Type R bisa dibilang senyap.

Honda Civic Type R FK8 2018 Indonesia

Ketika pedal gas diinjak penuh, tidak terbayangkan oleh kami karena Honda Civic Type R FK8 mampu berakselerasi secara luar biasa. Beberapa kali kami mencoba akselerasi di kondisi jalanan basah karena hujan, traction control bekerja dengan baik. Kami tidak bisa mencoba kecepatan penuh maupun handling-nya, karena kondisi yang tidak memungkinkan. Lebih jelasnya bisa lihat video di bawah ini.

Ada 3 pilihan mode yaitu Comfort, Sport, dan R+ dengan perbedaan utamanya pada respon bukaan throttle. Selain itu, fitur unik adalah Rev Match Control System. Fungsi ini akan menjaga putaran mesin tetap diatas saat mau proses deselerasi dengan engine brake, sehingga sangat membantu ketika digunakan di sirkuit saat masuk tikungan. Berbicara keselamatan, Honda Civic Type R tentu saja dibekali segudang fitur-fitur keselamatan, yang juga tidak mungkin kami coba.

Honda Civic Type R FK8 2018 Indonesia

Kesimpulan kami, Honda Civic Type R sangat cocok bagi mereka yang suka kecepatan, dan siap diajak track day di sirkuit dengan kondisi standar (meskipun kami belum mencobanya di sirkuit). Saat ini, Honda Civic Type R dijual dengan harga Rp 1,003 miliar, dan Rp 1,006 miliar untuk warna khusus. Bagi yang berminat bisa menghubungi Honda Sunter di nomer 021-6403740.

KOMENTAR