Honda Civic Type R (FD2R) : Classy For Daily

Honda Civic Type R (FD2R) : Classy For Daily

Tidak pernah bosan-bosannya kami melakukan peliputan untuk Honda Civic Type R, mulai dari generasi pertama, bahkan versi khusus untuk Eropanya. Kali ini merupakan Honda Civic Type R generasi 3 yang dimiliki oleh Stefen Teo asal Pekanbaru.

Honda Civic Type R FD2R Indonesia

Kebetulan mobilnya sedang di Jakarta, kami langsung bergegas untuk melakukan sesi peliputan. Pertama melihat Civic Type R FD2R ini, kami berpikir jika modifikasi yang dilakukan Stefen sangat apik. Apalagi di eksteriornya dipenuhi dengan perangkat-perangkat berlabel Mugen, yaitu tuner Jepang khusus Honda.

Honda Civic Type R FD2R Indonesia

Sempat bertanya-tanya kepadanya, kami langsung menetapkan bahwa mobil ini berkelas, namun Stefen langsung menangkisnya, “Not so classy.” Ahh yaudahh… “Konsep modifkasi mobil ini lebih ke daily street,” lanjut pria yang hobi balap drag race ini.

Honda Civic Type R FD2R Indonesia

Yang paling nyata terlihat perangkat Mugen yang menempel di Civic Type R-nya diantaranya front lips dan rear wing-nya meskipun sebenarnya hanya perangkat tambahan saja. “Hanya ini saja yang simple dan manis. Kalau merek lainnya lebih ekstrim,” jawab pria ramah ini.

Honda Civic Type R FD2R Indonesia

Kami pun sempat heran mengapa ada lampu kecil di bemper depan Honda Civic Type R-nya, yang kami kira awalnya adalah foglamp. “Itu aksesoris dari Honda Access, fungsinya seperti lampu DRL. Pemasangannya memang harus custom, tapi mudah karena sudah ada guide-nya,” kata Stefen.

Honda Civic Type R FD2R Indonesia

Masih dari penampilan eksterior, Honda Civic Type R berkelir putih ini juga ditegaskan lagi merek Mugen pada velg-nya, yaitu Mugen GP berdimensi 18×9 inci. Selain untuk urusan performa, pergantian velg ini juga meningkatkan penampilannya.

Honda Civic Type R FD2R Indonesia

Masuk ke interior, rasanya Stefen tetap ingin mempertahankan kondisi orisinil Honda Civic Type R-nya yang sudah berkesan sport melalui aura warna merah. Hanya saja perangkat kecil yang diganti, seperti shift knob Mugen beserta quick shift, serta indikator tambahan.

Honda Civic Type R FD2R Indonesia

Honda Civic Type R FD2R Indonesia

Karena Stefen penggila kecepatan, performa Honda Civic Type R-nya juga ditingkatkan. Mesin K20A yaitu 2.000 cc i-VTEC dilakukan porting polish untuk melancarkan udara maupun bahan bakar yang masuk ke combustion chamber. Wew, jarang-jarang yang melakukan hal ini di Civic Type R.

Honda Civic Type R FD2R Indonesia

Beberapa internal mesin telah diganti, contohnya pada camshaft maupun per klep-nya. Kemudian di bagian luarnya, sebut saja intake system maupun exhaust system, yang menandakan jika modifikasi yang serius. Perubahan-perubahan tersebut harus ditambahkan Hondata agar output mesin Civic Type R ini lebih optimal.

Honda Civic Type R FD2R Indonesia

“Standarnya kurang greget, dan kalau tidak sentuh cylinder head, hasilnya juga tidak akan maksimal,” ungkap Stefen. Saat diukur melalui sesi dyno test, modifikasi mesin yang dilakukan pada Honda Civic Type R ini sanggup menghasilkan tenaga 298,8 HP diikuti torsi lebih dari 260 Nm.

Honda Civic Type R FD2R Indonesia

Wew, gede amat bos… “Rata-rata memang segitu kalau sudah dimodifikasi seperti ini,” jujurnya. Karena street daily, Honda Civic Type R ini masih nyaman dipakai untuk jalan-jalan. “Dulu memang rencana mau dipakai untuk track day di sirkuit. Tapi dengan kondisi seperti ini, masih nyaman dipakai jalan. Coilover-nya saya pilih yang tidak menyiksa. Hanya saja kopling yang rada keras hehe,” tutup Stefen.

Honda Civic Type R FD2R Indonesia

Spec :
Mugen Add-on Front Lips, Mugen GT Wing, Honda Access Beam Light, Mugen GP 18×9” ET50 & ET35 Wheels, TEIN Street Flex Coilover Suspension with Camber Adjustment, APP Floating Brake Rotors, PMU Brake Pads, Supercircuit Brake Lines, Flowbench Porting & Polish Cylinder Head, Skunk2 Tuner 2 Camshaft, Skunk2 Dual Valve Springs & Titanium Retainers, Cometic Head Gasket, Toda Timing Chain, Toda Tensioner, Toda 4-2-1 Header, J’s Racing 60RS Titanium Exhaust System, Skunk2 Intake Manifold, Spoons Sports 70 mm Throttle Body, K-Tuned TB Thermal Gasket, GruppeM Carbon Intake Chamber, MaxFlow Intake Pipe, Hondata FlashPro ECU, Hondata Thermal Gasket, Ogura Single Metal Racing Clutch, J’s Racing Engine Damper, Mugen Quick Shifter, Mugen Carbon Shift Knob, Defi Din Gauges, Honda Access Type R Red, Honda Access Type R Side Decals.

Tuned by : Steve Garage.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis