ROCKFORD FOSGATE
Reverb Acoustic
AutoPro

Honda Civic Type R (FD2R) : Not A Bad Dream

Honda Civic Type R (FD2R) : Not A Bad Dream

Honda Civic Type R dari generasi ke generasi tentunya diidamkan oleh penggemar dan penggila Honda. Meskipun bisa dikonversikan dari Civic versi standar, namun pasti saja ada yang kurang, apalagi memiliki versi aslinya merupakan prestis tersendiri.

Honda Civic Type R FD2R

“Dari dulu Civic Type R memang mobil impian gue, pengen banget punya. Tapi ya gimana, hanya bisa mimpi, gak tau kapan bisa punya,” buka Christiansen Triadi, pemilik Civic FD2R kali ini. Jumlah yang terbatas bisa jadi salah satu faktor penghambatnya. Ibarat punya uang, tapi barang tidak ada, pusing pala bapa’ kepikiran terus.

Honda Civic Type R FD2R

“Tiba-tiba teman kasih tau kalau ada yang jual Civic Type R, dan jualnya di forum yang bukan berkategori otomotif. Jadi ga tau ini bekas siapa, karena gak gabung di komunitas. Nanya ke temen-temen juga gak ada yang tau. Kayaknya dipake harian sama orangnya, soalnya odometer udah 50 ribu,” lanjutnya. Tidak mau hilang kesempatan, doi langsung bertransaksi dengan pemilik sebelumnya.

Honda Civic Type R FD2R

“Kondisi standar ting-ting, tapi masih bagus semua. Bisa dibilang gue juga beruntung, karena Civic Type R di Indonesia jarang banget, hanya 30-an, dan yang keliatan cuma belasan. Kalau misalnya nunggu lagi, pasti lebih susah untuk nemu yang kondisi standar banget dan bagus begini,” kata Ansen.

Honda Civic Type R FD2R

Berbicara modifikasi, Ansen tetap menerapkan seperti mobil-mobil sebelumnya. Meskipun Honda Civic Type R generasi ke-3 sudah dibekali mesin K20A yang bertenaga sekitar 220 HP, tidak ada salahnya dimodifikasi untuk mengoptimalkan performa. Sebut saja intake Gruppe M, header TODA RACING, exhaust Amuse dan lainnya.

Honda Civic Type R FD2R

“Gue pengennya bisa dibawa jalan dan gak bikin repot, tapi bisa digeber di sirkuit. Tenaga sekarang sekitar 260 HP,” tuturnya. Kemudian bodi juga mendapat sejumlah ubahan, salah satunya fender depan yang dilebarkan, untuk menampung velg Volk Racing CE28N yang lebarnya 10,5 inci untuk grip yang lebih baik, mengingat Civic Type R berpenggerak roda depan.

Honda Civic Type R FD2R

“Dulu lagi ke luar negeri, liat-liat velg kok cakep bener. Biasa deh keracunan, akhirnya beli yang lebar depannya 9,5 inci dan 9 inci belakang. Nyampe sini, ternyata gak muat fender depannya, akhirnya beli fender aftermarket sekaligus di-custom. Pas udah kelar, velg depannya malah kurang lebar. Nah kebetulan banget ada yang jual lebar 10,5 inci gue sikat dah,” ceritanya.

Honda Civic Type R FD2R

Senang dengan trackday, namun Ansen belum mengganti wing belakang Civic Type R-nya mengingat berpengaruh di saat kecepatan tinggi. “Lagi nunggu temen yang punya wing merek J’s Racing orisinil dan hanya 1 di Indonesia, tapi gak mau dilepas sama dia hahaha,” candanya.

Honda Civic Type R FD2R

Sementara untuk bagian interiornya tetap mempertahankan orisinalitas dari Honda Civic Type R, yaitu dominasi hitam dan merah. “Cuma setir aja diganti aja, ini udah dari mobil yang dulu-dulu, soalnya hadiah dari cewe gue,” ungkapnya.

Honda Civic Type R FD2R

Saat trackday tentunya di sirkuit kita tercinta ini, Ansen bisa mencatatkan waktunya 1 menit 55 detik untuk 1 lap-nya. “Itu waktu masih pakai velg 9,5 inci. Kalo 10,5 inci belum tau, harusnya sih lebih baik,” ucapnya. Lalu di gelaran drag race 402 meter, Civic Type R-nya sudah pernah juara 1 kelas 15 detik dan 14 detik.

Honda Civic Type R FD2R

“Pengennya benahin kaki-kaki lagi, utamanya suspensi. Sekarang terlalu empuk, kalau buat harian sih enak, tapi kalau di track justru nikungnya kurang mantep. Sama palingan rem mau di-upgrade. Kalau mesin udah cukup banget, gak tega bongkarnya. Meskipun banyak kompor, ya tutup kuping aja hahaha,” tutupnya.

Honda Civic Type R FD2R

Spec : Gruppe M Intake, TODA RACING Header, Amuse R1 Titan Exhaust, Hondata Flashpro, Seeker Engine Damper, Volk Racing CE28N 18x(10,5+9)” Wheels, Toyo R888 265/35 & 245/40 Tires, Rays Lugnut Set, Tein SS Coilover Suspension, J’s Racing Adjustable Rear Camber, Dixcel Brakepads, Feel’s Wide Front Fenders, Mugen Front Lip Spoiler, Mugen Carbon Engine Hood, J’s Racing Rear Diffuser, Custom Splitter, Custom Side Skirts, Nardi Deepcorn Steering Wheel, Spoon Sports Boss Kit, Defi Din Gauges, Mugen Shiftknob.

Tuned by : Firna Protechnik.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis