Honda Civic Type R (EK9) : Praduga Tak Bersalah

Honda Civic Type R (EK9) : Praduga Tak Bersalah

Harus diketahui bahwa Honda Civic Type R ini bukanlah hasil convert dari Civic Ferio atau bahkan Honda Estilo. Sebut saja Mr. CTR selaku pemiliknya, sering memaklumi fenomena ‘asas praduga tak bersalah’ yang kerap kali terjadi saat mengendarai mobil berkelir championship white ini.

“Pernah saat di traffic light, ada orang ketok-ketok kaca saya. Dia mengira ini Civic Estilo convert haha…” curhatnya. Wajar saja, karena Honda Civic Type R EK9 sendiri memang tidak banyak populasi di Indonesia. Mobil yang dimilikinya ini merupakan hasil buruan yang didapatkan dari Surabaya.

“Mobil impian saya dari dulu, carinya sudah lama dan memang rata-rata yang punya ini tidak mau jual. Jadi begitu ada yang mau jual, saya tidak pikir panjang lagi langsung saja saya beli. Bahkan transaksi tanpa bertatap muka dengan owner sebelumnya, atas dasar asas saling percaya, transaksi pun sukses,” jelasnya.

Berbicara modifikasi, dirinya mengakali tampilan sleek Honda Civic Type R kelahiran tahun 2000-nya dengan aplikasi velg yang senada, yaitu Advan RG1. Sedangkan pengendalian ditingkaktan melalui suspensi coilover TEIN, serta pengereman mengandalkan kaliper rem Spoon Sports.

Honda Civic Type R sudah dibekali mesin powerful dari B16B. Namun oleh owner sebelumnya dipensiunkan, diganti dengan B18C bawaan Honda Integra Type R yang tenaganya lebih besar. “Internal mesin tidak banyak yang diganti, hanya saja porting polish dan komponen pendukung lainnya,” ungkapnya.

“Rencana modifikasi kedepan palingan mix and match velg aja sih. Pengennya engine swap ke K Series, tapi masih pikir-pikir sambil lihat isi dompet,” tutupnya.

Spec :
B18C ITR Engine, Wiretucked, Aerospeed Camgear, Jasma Header, Fujitsubo Muffler, Skunk2 VTEC Solenoid, HKS Fuel Rail, Ultra Racing Spark Plug Wire, K&N Air Filter, ACT Clutch Set, Koyorad Radiator, Samco Radiator Hose, Advan RG1 16 x (7,5+8)” Wheels, Yokohama Advan Neova 205/45 Tires, TEIN Coilover Suspension, Spoon Sports Brake Caliper, Recaro SR4 Seat, Alpine Head Unit, Gathers Speaker, JBL Subwoofer, Venom Power Amp.

KOMENTAR