Honda Civic Turbo (FC) : Simplistic Audio System

Honda Civic Turbo (FC) : Simplistic Audio System

Tidak selalu harus menyematkan perangkat audio yang ‘wah’ jika ingin mendapatkan kualitas suara yang lebih baik. Hal ini dibuktikan oleh Johny Chandra dari Mega Audio yang menginstal audio system sederhana ke Honda Civic Turbo kali ini.

Honda Civic Turbo FC Mega Audio

Pertama kami lihat-lihat Civic generasi ke-10 ini, audio system-nya hanya speaker 2 way, 1 unit subwoofer, 1 unit power amplifier, dan 1 unit processor. “Karena konsepnya daily use, orangnya ingin kualitas suaranya lebih baik dari standarnya. Dia suka mendengarkan lagu pop,” buka installer murah senyum ini.

Honda Civic Turbo FC Mega Audio

Speaker 2 way yang dipakai adalah midbass dan fullrange, bukan tweeter. Bagi yang awam, fullrange mampu menghasilkan suara dengan rentang frekuensi yang cukup panjang. Fullrange ini diposisikan oleh Johny di tempat bawaan tweeter Civic ber-platform FC ini, yaitu di ujung sudut pintu atau segitiga pintu, bukan di pilar seperti kebanyakan SQ holic.

Honda Civic Turbo FC Mega Audio

“Karena yang punya Civic ini tidak mau merubah pilar yang ada airbag-nya. Makanya posisi fullrange di tempat bawaan tweeter,” lanjutnya. Beberapa installer memiliki pemahaman jika tidak baik posisi speaker dekat ke kuping, namun Johny sudah memperhitungkan semuanya.

Honda Civic Turbo FC Mega Audio

“Sudut fullrange kami buat off axis, jadi suara tidak langsung ke kuping. Kalau harian biasa kami buat seperti ini. Lalu kami lapis dengan suede, karena suede bisa meredam juga sebenarnya. Biasanya kalau posisi di segitiga pintu, kami pakai suede seperti ini,” ucapnya. Sedangkan midbass juga tetap di bawaan pintu Honda Civic yang mengacu kepada konsep awal.

Honda Civic Turbo FC Mega Audio

Subwoofer pun mengandalkan ukuran 12 inci, yang diakui Johny merupakan pilihan tepat. “Karena Honda Civic kan mobil sedan, subwoofer-nya di bagasi. Kalau subwoofer ukurannya kecil, suaranya susah untuk mencapai ke kabin depan,” katanya.

Honda Civic Turbo FC Mega Audio

Dengan begitu, power hanya menggunakan 1 unit yang ber-spec 5 channel class D. “Cukup men-drive speaker dan subwoofer, demi efisiensi tempat juga,” ucap Johny. Untuk pengaturan frekuensi suara, equalizer, hingga time alignment, Johny menambahkan processor. “Dan orangnya juga minta 2 mode untuk posisi di pengemudi dan penumpang,” jelasnya.

Honda Civic Turbo FC Mega Audio

Head unit bawaan Honda Civic dilengserkan dengan head unit yang berlimpah fitur. “Waze dari handphone bisa tampil disini, dan juga suara lebih baik,” ungkapnya. Sementara peredam hanya di beberapa bagian saja. “Pintu depan belakang, bagasi dan lainnya, yang rentan dengan getaran,” ungkapnya lagi.

Honda Civic Turbo FC Mega Audio

Kami pun dipersilahkan untuk mendengarkan audio system di Honda Civic ini. Meskipun fullrange berada di pintu, namun panggung suara tetap berada di dashboard. “Depth-nya juga dapet kok, karena dashboard Honda Civic memadai,” bilang Johny. “Tapi ini untuk harian, kalau mau kontes harus banyak yang disesuaikan lagi,” tutup Johny.

Audio spec :
Pioneer AVH-5850BT Head Unit, Audible Physics Brahma 2.6 Speaker, Focal Auditor 12” Subwoofer, ARC  Audio XDi850.5 Power Amp, Audison bit Ten Processor, StP Sound Damping, Flux Cabling.

Installed by : Mega Audio, Ruko Green Garden Blok A 14 No. 50 Jakarta Barat (0818-110815).

KOMENTAR