ROCKFORD FOSGATE
Reverb Acoustic
AutoPro

Honda Civic Nouva (SH3) : Racing The Sleek Car

Honda Civic Nouva (SH3) : Racing The Sleek Car

Awal tahun 2016, kami sempat terkaget dengan Honda Civic Nouva ini. Karena mobil milik Iik Sudiro ini yang kami ketahui dulunya direstorasi secara total sehingga tampil klimis seperti keluar dari pabrik, yang tiba-tiba dirubah menjadi mobil balap untuk mengikuti ajang Super Touring Car.

Honda Civic Nouva SH3

Foto diatas merupakan kondisi Honda Civic SH3 yang sudah direstorasi dan kami liput, atau KLIK DISINI untuk lihat artikelnya. Kembali lagi, rupanya hampir setiap seri ada balap di Sirkuit Sentul, Iik hadir untuk mendukung rekan-rekan timnya, B16 AP Speed. “Korban sering nonton di tikungan S kecil om, dan kompornya ternyata dimana-mana. Saya pikir kayaknya seru juga kalau dibalapin,” buka Iik.

Honda Civic Nouva SH3 Touring Car

Namun pertanyaan kami, apakah tega jika mobil yang sudah direstorasi dan tampil klimis kemudian dipakai balap? “Awalnya mau seru-seruan pakai Brio, tapi RI1 gak ngijinin. Kalau mau cari Civic Nouva lagi kurang greget. Dan juga saya sudah ada 4th-gen Civic Sedan built up, jadi akhirnya pakai Nouva ini,” lanjutnya.

Honda Civic Nouva SH3 Touring Car

Uniknya, Iik tidak mengurangi bobot Civic-nya. Kami pun sadar saat pertama kali menyentuh bodi seperti kap mesin, kemudian pintu, dan lain-lainnya. “Bodi masih orisinil, karena dari sananya sudah enteng om,” kata Iik. Meskipun sudah berpenampilan Civic EF9, Iik juga mengadopsi aliran Kanjo Style melalui permainan desain stiker dan adanya wing spoiler Osaka JDM.

Honda Civic Nouva SH3 Touring Car

Hal tersebut juga berlaku di interiornya. Coba elu perhatikan foto-foto di bawah, dashboard bawaan Civic masih ada, sampai doortrim-nya. Hanya saja Iik menambahkan rollbar yang memang diharuskan di regulasi balap, berikut jok bucket dan seatbelt-nya. “Cuma tangki bensin orinya saja yang saya ganti,” ucapnya.

Honda Civic Nouva SH3 Touring Car

Honda Civic Nouva SH3 Touring Car

Mesin di Civic Nouva-nya saat kami liput pertama kali sudah menggunakan B Series yang berkapasitas 2.000 cc. Karena ditujukan untuk mengikuti kelas STC 1600, maka kapasitas mesin harus diturunkan, menjadi 1.600 cc.

Honda Civic Nouva SH3 Touring Car

Namun tidak sekedar turun kapasitas, workshop AP Speed telah menyiapkan resep agar mesin B Series di Civic milik Iik bisa kompetitif. Tentunya tidak hanya bagian eksternal, melainkan internal juga di-upgrade. “Tenaganya 250 HP om, kalau penasaran bisa langsung datang ke AP Speed,” tuturnya.

Honda Civic Nouva SH3 Touring Car

Kemudian kaki-kaki juga dibenahi agar bisa melahap tikungan. Sebut saja velg SSR Type C yang dikolaborasikan dengan ban Advan Neova, suspensi coilover Aragosta, perangkat rem K Sport, dan lainnya.

Honda Civic Nouva SH3 Touring Car

Di gelaran STC, Iik dengan Honda Civic Nouva-nya baru berpartisipasi mulai seri ke-2. “Seri 2 ga finish karena masih nafsu dan yang pasti nervous. Yang seri 3 bisa berjalan lancar, dan bisa finish posisi 5 di STC 1600 dan posisi 10 secara open,” jelas Iik.

Honda Civic Nouva SH3 Touring Car

Untuk lap time di Sirkuit Sentul, Civic-nya bisa mencetak waktu terbaiknya 1:56 detik. “Masih kendala saat di tikungan R3 dan R4. Target tidak muluk-muluk, yang penting bisa menyentuh 1:54 atau 1:55 detik. Soalnya rekan saya yang bawa bisa 1:50 detik,” tutupnya.

Honda Civic Nouva SH3 Touring Car

Tuned by : AP Speed.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis