Honda Civic Estilo (SR3) : Cool, Calm, and Confident

Honda Civic Estilo (SR3) : Cool, Calm, and Confident

Kami berpendapat, bahwa ‘Cool, calm, and confident’ cocok diberikan ke sosok Honda Civic Estilo yang kali ini dibahas. Cool terlihat dari adanya beberapa perangkat karbon, calm ditunjukan oleh kondisi yang sederhana secara keseluruhan, confident jika elu lihat ada apa dibalik bemper depan menandakan mesinnya powerful.

Honda Civic Estilo SR3 Turbo

Ya ente tau lha, Honda Civic Estilo bisa terbilang gold, apalagi bagi Civic Enthusiast. Bagoes Riezki si pemilik Civic Estilo SR3 ini mengaku jika mobil berwarna biru ini ditujukan untuk harian. “Karena sudah ada Estilo buat balapnya, jadi saya pengen Estilo yang masih utuh, bisa dipakai harian juga, maupun bawa anak dan istri saya kalau sedang weekend,” buka Bagoes.

Honda Civic Estilo SR3 Turbo

Memang saat sesi peliputan, bertepatan dengan event drag race, Civic ini terlihat galak karena memakai roda khusus balap. “Kalau untuk harian pakai Mugen MF8 mas,” lanjutnya. Bisa dibayangkan jika velg lansiran in house tuner Honda tersebut tentu sangat cocok disandingkan ke Civic Estilo.

Honda Civic Estilo SR3 Turbo

“Dulu pas beli Civic Estilo ini, engine hood dan trunk sudah karbon. Jadi sekalian ditambahkan aksesoris karbon di bagian lainnya,” ungkap Bagoes. Uniknya, front lips berdesain yang beda dengan kebanyakan Civic Estilo biasanya. “Itu First Molding mas, disini kayaknya belum ada yang pakai,” ungkapnya lagi.

Honda Civic Estilo SR3 Turbo

Masup ke interior, sama seperti di eskterior yang tampil apik. Ada 2 keunikan di kabin Honda Civic hatchback milik Bagoes ini. Pertama adalah jok yang digunakan adalah bawaan Honda CR-Z. Kedua, penunjuk putaran mesin pada instrument cluster mencapai 11.000 RPM lansiran Omni Power.

Honda Civic Estilo SR3 Turbo

“Cari-cari Recaro, tapi sudah banyak yang pakai. Nah jok CR-Z modelnya kan semi bucket juga, jadi enak di badan dan tetap nyaman juga. Kebetulan di salah satu situs lelang di Jepang ada yang jual murah. Dan juga cocok aja ke Estilo mas,” jelas Bagoes.

Honda Civic Estilo SR3 Turbo Honda Civic Estilo SR3 Turbo

Seperti yang kami bahas di awal, mesin sudah pasti powerful. Buka engine hood, dengan engine bay beraroma karbon, tersajikan mesin Honda B Series dicangkokan turbo. Padahal biasanya Honda Enthusiast terkenal dengan ‘all motor’ atau naturally aspirated. “Pengen ngerasain turbo, diluar negeri juga banyak Estilo turbo. Ya Civic paling baru saja sudah turbo mas,” ucapnya.

Honda Civic Estilo SR3 Turbo

Blok mesin yang digunakan adalah B18C5 bawaan Integra Type R. “Karena blok mesin ini yang paling kuat diantara B Series lainnya,” kata Bagoes. Ditujukan untuk turbo, internal mesin diganti, salah satunya piston untuk menurunkan kompresi.

Honda Civic Estilo SR3 Turbo

Untuk turbo-nya dipilih asal Inggris yaitu Owen Developments berspesifikasi GT3076. Ubahan yang cukup banyak ini membuat ECU harus menggunakan standalone Megasquirt. Makanya Civic Estilo ini memiliki tenaga yang membuat percaya diri. “Terakhir dyno keluar 387 WHP, tapi kami turunkan menjadi 332 WHP agar tidak terlalu liar,” aku pria yang bermukim di Semarang ini.

Honda Civic Estilo SR3 Turbo

Tenaga tersebut dikirim ke transmisi bawaan Integra Type R. “Masih sanggup tahan power besar, tapi as roda diganti yang lebih kuat,” bilangnya. Best time yang diraih Honda Civic Estilo ini adalah 13,2 detik untuk drag race 402 meter.

Honda Civic Estilo SR3 Turbo

“Itu masih liar mas,” jujurnya. “Rencana mau diturunkan lagi tenaganya mas, karena segini saja sudah gila untuk harian,” tutup Bagoes.

Honda Civic Estilo SR3 Turbo

Spec :
DeBeer Paint & Refinish, First Molding Carbon Lips, Carbon Engine Hood, Carbon Trunk, Carbon Side Skirt, Spoon Sports Side Mirrors, OEM Honda Integra DC2 Momo Steering Wheel, M7 Gauges, Omni Power Instrument Cluster, OEM Honda CR-Z Front Seats, Genuine Leather Trims, B16A Cylinder Head, Skunk2 Pro2 Camshaft, Skunk2 Camgears, Supertech Valve Springs, ARP Head Studs, B18C5 Engine Block, Wiseco 82 mm Low-Comp Pistons, Eagle Connecting Rods, Supertech Block Guard, Owen Developments ODGT3076HTA Turbo, TiAL MV-R 44 mm Wastegate, TiAL Q BOV, S90 70 mm Throttle Body, Coil-On-Plug Ignition System, Megasquirt V3 Standalone ECU, Carbon Engine Bay, Skunk2 Fender Washer, Skunk2 Radiator, Skunk2 Radiator Hose, Mishimoto Radiator Tank, Mishimoto OCT, OEM Honda Integra DC2 Transmission, DSS Level 3.9 Driveshaft, Belak R15 Wheels w/ MT Slick & MH Skinnes Tires (Race), Mugen MF8 R16 Wheels w/ Toyo R888 Tires (Daily), Buddy Club Racing Spec Damper Suspension Kit, Wilwood 4 Pot Calipers w/ Disc Brakes (Front), Skunk2 Chamber Kit, Function 7 Lower Control Arms.

Tuned by : Shift Engineering, Supernova, Abunawas Technica.

KOMENTAR