Honda Civic Estilo (SR3) : My Second Project

Honda Civic Estilo (SR3) : My Second Project

Di perhelatan Sentul Drag Race 2017 seri 2 awal bulan Agustus ini, Angris Riswandy yang sebelumnya menggunakan Honda Civic Estilo berwarna hijau untuk harian, tampil dengan Civic Estilo juga namun berkelir kuning yang telah terondol.

Honda Civic Estilo SR3 Drag Race Indonesia

Kami pun sempat penasaran apakah Estilo hijau miliknya tersebut dirubah khusus untuk drag race. Nyatanya, Angris kini memiliki 2 unit Honda Civic Estilo. “Ini memang proyek kedua saya, jadi yang hijau dibiarkan standar saja,” bukanya.

Honda Civic Estilo SR3 Drag Race Indonesia

Saat kami meliput Civic Estilo hijau-nya, Angris memang mengatakan ingin mengganti mesin ke B Series. “Tapi susah juga kalau misalnya mau main ke 13 detik atau 12 detik, pasti gak enak lagi untuk harian, dan weight reduction. Makanya saya putuskan beli 1 lagi dan kebetulan ada yang menawarkan,” jujur Angris.

Honda Civic Estilo SR3 Drag Race Indonesia

Honda Civic Estilo kuning ini memang dibuatkan khusus untuk drag race, yang mana sudah diterondolkan sisi eksterior maupun interior. Hal ini untuk menunjang akselerasi agar bisa mencapai targetnya. Namun Angris kembali menjelaskan sasis maupun bodi belum ada yang dipotong.

Honda Civic Estilo SR3 Drag Race Indonesia

Untuk mesinnya sendiri, Angris mengandalkan B Series yang sebelumnya sudah terpasang. Dikerjakan di Double S Engineering, mesin tersebut kembali di-overhaul. “B16 dan B20 bang, turun mesin lagi untuk liat keadaan. Tapi waktu mepet jadi masih pakai kem standar,” jujur Angris.

Honda Civic Estilo SR3 Drag Race Indonesia

Diakui bahwa piston Supertech yang dipakainya masih berukuran sama, jadi kapasitas masih 2.000 cc. Tentunya bagian lain pada mesin yang terpasang di Civic Estilo-nya juga diganti, sebut saja seperti intake Edelbrock, throttle body dari Skunk2, exhaust system yang di-custom, hingga bagian fuel system.

Honda Civic Estilo SR3 Drag Race Indonesia

‘Otak’ dari mesin tersebut menggunakan ECU P28 yang telah di-remap, serta menggunakan piggyback A’PEXi untuk mengatur VTEC-nya. Sementara transmisi yang digunakan adalah S80 ditambah limited slip differential (LSD) jenis full lock.

Honda Civic Estilo SR3 Drag Race Indonesia

“Sebenarnya kurang rekomendasi LSD jenis ini, karena tenaga masih dibawah 300 HP. Tapi kami pakai apa yang ada aja bang,” jelas Angris. Untuk meringangkan bobot lagi, pada roda belakang digunakan velg yang ‘kecil’.

Honda Civic Estilo SR3 Drag Race Indonesia

Turun perdana di drag race seri 2 lalu, best time yang diraih Honda Civic Estilo ini adalah 14,1 detik. “Kalau saya yang bawa 14,4 detik bang. Itu dalam kondisi seperti ini, LSD full lock-nya bikin susah, karena kalau pas start gak lurus, susah untuk dilurusin,” kata Angris.

Honda Civic Estilo SR3 Drag Race Indonesia

Melihat hasil tersebut, diyakini Angris bisa mencapai targetnya dengan Honda Civic Estilo kuning ini. “Mau maksimalin yang ada dulu untuk mesinnya, paling engine mounting yang diganti polyurethane. Kemudian suspensi juga mau dioptimalkan lagi, sama kalau bisa mau ganti LSD yang biasa saja,” tutup Angris.

Spec : B16+B20 DOHC VTEC Engine, Porting & Polished by SUBO Racing, 3-angle Valve Job by SWR, Duratech Connecting Rods, ACL race Bearings, Supertech 85 mm CR 12.5:1 Pistons, Supertech Valves, Supertech Valve Springs & Retainers, ARP Bolts, Gates Racing Timing Belt, Skunk2 Camgears, Skunk2 70 mm Throttle Body, Edelbrock Victor X Intake Manifold, AEM Fuel Rail & Fuel Pressure Regulator, P28 ECU Remapped by Sigma Speed, A’PEXi NEO Piggyback, S80 Transmission With Custom Gear Ratio, Full Lock LSD, Exedy Clutch, SSR Type C Front Wheels w/ Advan Neova 205/50R15 Tires, Rep Weld 15×3.5 Rear Wheels w/ Continental 155/65R15 Tires, Autometer Phanthom II Tachometer, Defi Blue Gauges.
Tuned by : Double S Engineering.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis