ROCKFORD FOSGATE
Reverb Acoustic

Honda Civic Estilo (SR3) : Tribute To Lovely Mother

Honda Civic Estilo (SR3) : Tribute To Lovely Mother

Beragam alasan untuk memiliki Honda Civic Estilo oleh penggilanya maupun yang pura-pura gila, seperti salah satunya desain yang gak ada matinye. Namun bagi Hananto Widyo, memiliki Civic Estilo adalah untuk mengenang almarhum ibunya.

Honda Civic Estilo SR3 H23A Supernova

Mengenang karena Honda Civic Estilo merupakan mobil pertama yang dikasih oleh ibunya. “Jadi waktu saya masih sekolah, dan ulang tahun, almarhum menghadiahkan saya mobil Civic Estilo,” buka pria yang akrab disapa Anto ini.

Honda Civic Estilo SR3 H23A Supernova

Sesuai dengan peruntukannya, Estilo-nya waktu itu dimodifikasi kearah performa dan sempat berkecimpung di balap drag race. “Tapi karena saya nakal dulunya, akhirnya Civic Estilo saya ditarik oleh almarhum dan diungsikan entah kemana. Sampai sekarang saya tidak tahu lokasinya, karena sudah tidak ada yang bisa ditanyakan. Tapi surat-surat lengkap masih ada sama saya,” ceritanya.

Honda Civic Estilo SR3 H23A Supernova

Supaya terus teringat oleh almarhum ibunya, cowok yang juga memiliki hobi balap motor ini berburu Honda Civic SR3. Bahkan Anto sampai memiliki 2 unit Estilo, yang nantinya diperuntukan balap dan harian. Dan yang kami coverage ini merupakan racikan Apit dari workshop Supernova.

Honda Civic Estilo SR3 H23A Supernova

“Kebetulan teman saya menawarkan Civic Estilo punya om Apit yang baru saja dibangun ulang dari nol semuanya, dan mesinnya sudah pakai H Series. Tadinya mau beli mesinnya saja, tapi setelah dihitung-hitung, jatuhnya akan lebih mahal,” ucap Anto.

Honda Civic Estilo SR3 H23A Supernova

Mesin H23A-nya pun telah di-upgrade, mulai dari internal seperti kruk as, setang piston, camshaft dan lainnya. Sisi eksternalnya pun tidak dilupakan, salah satunya header model RMF dari ORD Exhaust, yang akhirnya keseluruhan mesin diatur melalui ECU lansiran Hondata.

Honda Civic Estilo SR3 H23A Supernova

Makanya mesin di Civic Estilo putih tersebut mampu menghasilkan output 330 HP dan 310 Nm. Asyiknya lagi, mesin DOHC VTEC ini dikemas dengan wire tuck yang jika diperhatikan sangat minim perkabelan, hingga radiator disembunyikan di dalam bemper. Namun semua lampu, P/S maupun AC tetap berfungsi normal.

Honda Civic Estilo SR3 H23A Supernova

Mesin tersebut dihubungkan ke transmisi bawaan Honda Integra GSR, tidak lupa dilengkapi juga dengan limited slip differential dari Spoon Sports. Setelah itu dikirimkan lagi ke roda depan kombinasi velg Work Seeker dengan ban Toyo DRB.

Honda Civic Estilo SR3 H23A Supernova

“Mobil sekarang sudah siap balap, bobot sudah direduksi,” bilang Anto tentang Civic Estilo-nya. “Kalau target sebenarnya tergantung pembalapnya. Intinya mobil ini belum pernah turun drag race, jadi masih sama-sama penasaran. Nanti saya dan om Apit yang jadi jokinya,” kata Anto.

Honda Civic Estilo SR3 H23A Supernova

Namun tenaga 330 HP pun bukanlah sebagai angka final. “Itu masih pakai bensin RON95, nanti mau di-fine tuning lagi. Untuk upgrade belum ada dulu, karena om Apit menyarankan untuk secara bertahap,” tutup Anto.

Anto’s Honda Civic Estilo :
H23A Engine, Porting-polish Cylinder Head w/ 3-Angle Valve Job, K24 Crankshaft, ACL Bearings, Skunk2 Connecting Rods, Ferrea OS100 Flat Valves, Supertech Valve Springs, Skunk2 Pro2 Camshaft, Skunk2 Adjustable Camgears, Custom Pulley & Gear by Supernova, Custom Balance Eliminator by Supernova, Custom Tensioner by Supernova, ORD Exhaust RMF Style Header, ORD Exhaust Resonator & Muffler, Fuel Injector Development 1000 cc Fuel Injectors, Custom Fuel Rail, Custom Intake Manifold by Inspiration Motorsport, Custom 80 mm Throttle Body, Hondata S300 V3 ECU, OEM Integra GSR 5-Speed Transmission, Spoon Sports Full Lock LSD, ORC Ogura Flywheel & Clutch, PPlateless Bracket Set by Supernova, Work Seeker 17×8” Rims, Toyo DRB 205/45 Tires, K-Sport Coilover Suspension, Skunk2 Camber Kit, Function7 Aluminium LCA & Subframe, OEM Honda Integra Type S Front Seats, K-Tuned Race Shifter, A’PEXi Oil Pressure Gauge.

Tuned by : Supernova.

Special Thank’s to : Groomine Autospa.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis