ROCKFORD FOSGATE
Reverb Acoustic
AutoPro

Honda Civic Estilo (SR3) : Back To H-abitat

Honda Civic Estilo (SR3) : Back To H-abitat

Honda Civic Estilo milik Echin ini telah kembali ke habitatnya. Bukan dikembalikan ke pemilik pertamanya, namun maksudnya disini, Civic Estilo berkelir merah ini dulunya bermesin turbo, yang kemudian diubah menjadi naturally aspirated (NA).

Honda Civic Estilo SR3

Memang agak unik, mengingat workshop Engine+ biasanya melahirkan mobil-mobil turbo. “Honda kan terkenal dengan mesin NA-nya. Tapi tau-tau sekarang Honda Civic baru udah turbo ya hahaha. Tapi gapapa deh, udah ngerasain turbo. Dan juga gue kangen suara VTEC Kicked In Yo,” jelas Echin.

Honda Civic Estilo SR3

Dulunya menggunakan D Series engine disumpal turbo, biasanya Civic Estilo pilihan mesin NA adalah ke B Series engine. Namun Echin lebih memilih kepada mesin H Series, yaitu H23A DOHC VTEC bawaan Honda Accord untuk pasar Jepang (JDM), dengan sederet alasan.

Honda Civic Estilo SR3

“Karena kapasitasnya lebih gede udah 2.3L. Kalau B Series kan blok mesinnya cuma mentok di 2.0L, terus kalau dinaikin ke 2.3L ujung-ujungnya ngabisin duit banyak. Nah ini istilahnya paket hemat. Lagian begini lebih enak dipakai harian, kalo B Series ke 2.3L kurang enak untuk harian, mending dipake balap aja,” jujur Echin.

Honda Civic Estilo SR3

Diakui Echin mesin yang digunakan pada Honda Civic bersasis SR3 ini standar ting-ting. “PnP aja belum bang, dulu dibersihin aja. Pengen ngerasain standarnya,” katanya.  Hanya saja dirubah pada intake dan exhaust system untuk mengoptimalkan tenaga.

Honda Civic Estilo SR3

Selain itu, engine bay Civic Estilo ini tampil rapih berkat tambahan boks custom untuk menyembunyikan perkabelan, tabung air wiper, dan lainnya.

Honda Civic Estilo SR3

Mesin H23A tersebut dihubungkan ke transmisi berkode S80, yang merupakan bawaan Honda Integra Type R bermesin B18C. Transmisi berspesifikasi close ratio ini dihubungkan ke mesin dengan adaptor khusus. Lalu dilanjutkan ke roda depan yang menggunakan velg Enkei NT03 berdimensi 15×7 inci.

Honda Civic Estilo SR3

“Lebar 7 inci selama ini sih masih cukup. Dan juga Civic Estilo ini setelannya gak ceper-ceper banget, jadi pas lah 15 inci. ET-nya 35 nih pas banget,” lanjut Echin.

Honda Civic Estilo SR3

Sejak dahulu, Honda Civic Estilo milik Echin ini memang ingin dipakai harian. Makanya tidak ada pengurangan bobot pada eksterior, cukup menggunakan spion maupun spoiler berbahan karbon untuk meningkatkan tampilan. Demikian juga interior keseluruhan masih terpasang, yang terdapat jok Bride Vorga, setir Nardi, speedometer versi JDM, dan lainnya.

Honda Civic Estilo SR3

Honda Civic Estilo SR3

Honda Civic Estilo SR3

Belum lama proses pergantian Honda Civic hatchback generasi ke-5 ini selesai, namun Echin belum sepenuhnya menguji hingga titik maksimal. “Baru akselerasi kecil-kecilan, tenaga lebih dari 200 HP cukup banget. Kebantu di girbox juga, dari gigi 2 ke 3-nya nyambung,” ucapnya.

Honda Civic Estilo SR3

Perbedaan memang cukup signifikan dibandingkan mesin D Series turbo-nya dulu. “Kalau dulu pas turbo, mesti pakai extra injector, idle-nya gak enak. Kalau sekarang enggak, jadi lebih enak dipakai harian. Kopling sekarang enteng, kalau dulu mesti kopling racing. Mesin tidak mau di-upgrade karena memang mau dipakai harian. Ikut drag race paling ngetes waktu aja,” tutup Echin.

Spec :
H23A DOHC VTEC Engine, S80 Transmission, Custom Exhaust System, Tanabe Hyper Medalion Muffler, Enkei NT03 17×5” ET35 Rims, D&D Coilover Suspension, Bride Vorga Front Seats, Nardi Steering Wheel, Spoon Sports Shiftknob, JDM Civic Instrument Cluster.

Tuned by : Engine+

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis