Honda Civic Estilo (SR3) : Tweety Got It’s Stylish

Honda Civic Estilo (SR3) : Tweety Got It’s Stylish

Bogor, BosMobil.com – Seiring dengan berjalannya waktu, masing-masing workshop terus memperhatikan penampilan mobil khusus balap racikannya. Dan Honda Civic Estilo kali ini merupakan salah satunya, dan bisa dibilang ‘fresh from the oven’.

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-02

Bah kenapa begitu rupanya? “Civic Estilo ini proyek kurang lebih hanya sebulan,” buka Apre dari AP Speed. Wajar saja karena sebenarnya kami rajin mampir ke workshop-nya maupun berbincang-bincang melalui jejaring sosial, dan tidak ada ‘kode keras’ untuk meracik Civic Estilo baru khusus balap.

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-03

Awalnya, saat kami sedang melakukan peliputan balap drag race di Sirkuit Sentul, Bogor pada awal Desember lalu, kami mampir ke pit-nya untuk melihat-lihat Civic SR3 berkelir merah ini. Don’t get us wrong, kami pun mengaku kagum melihat penampilannya.

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-04

“Konsepnya drag stylish, makanya dibikin serba bagus dan kinclong,” sambungnya. Jika banyak yang mengganti bahkan membuat bagian depan menjadi 1-piece, namun Honda Civic Estilo ini masih mengandalkan bemper depan bawaannya ditambah front lip untuk mempermanis, Hanya saja kisi-kisinya ditutup.

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-05

“Pintu juga masih standar, supaya rapih. Tulangnya saja yang dibuang,” ucap Apre. Untuk mereduksi bobot, kap mesin diganti dengan bahan karbon berikut pintu bagasi, ditambah kaca pintu berbahan polycarbonate. Side mirrors berlabel Spoon Sports dipercaya untuk menambah stylish.

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-06

Sementara pemiliknya mensematkan karakter kartun Tweety, yang sejatinya bersifat lucu dan imut. Selain membedakan dengan Civic Estilo lainnya, alasannya adalah meskipun lucu dan imut, namun dipercaya bisa bersaing dengan yang bersifat galak.

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-07

Ketika kap mesin dibuka, kami diperlihatkan mesin B-Series, yang disajikan bersih dengan perkabelan yang minim alias wire tuck. “Buset pak, bersih amat ruang mesinnya. Gak ada kotoran bekas oli gitu,” ucap kami, dan Apre cukup membalas dengan senyuman.

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-08

Mengenai mesin B-Series itu sendiri, kapasitasnya masih 2.000 cc. “Soalnya masih baru, jadi cukup 2.000 cc dulu,” jawab Apre yang juga menjelaskan internal mesinnya sudah dijejalkan high performance. Intake manifold dari Skunk2 Ultra Series, exhaust system yang di-custom sesuai kebutuhan, dan lainnya dipercaya untuk mendukung performa Civic Estilo-nya.

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-09

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-10

Tenaga yang diciptakan adalah 335 HP diikuti torsi 278 Nm, yang dikirimkan ke roda depan yang menggunakan velg Weld. Uniknya, ban bagian depan masih menggunakan jenis semi slick. Sementara roda belakang tetap menggunakan velg Weld dengan ban Hoosier.

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-11

Masuk ke kabin, tetap berkiblat ke konsep awal. Memang benar Honda Civic Estilo ini race purpose, sebut saja jok bucket, roll bar yang di-custom, diikuti beragam instrumen yang disematkan di dashboard bawaan. Namun tampil klimis pada interior-nya membuat kami geleng-geleng kepala. “Ampun dah bersihnya,” pikir kami.

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-12

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-13

Honda Civic Estilo ‘The Tweety Identity’ ini pada saat kami melakukan peliputan merupakan penampilan perdananya di balap drag race. Best time yang diraihnya adalah 12,9 detik dan berhasil membawa pulang piala karena juara 3 kelas 13 detik.

Honda-Civic-Estilo-SR3-AP-Speed-Tweety-14

“Sebenarnya ini buat drag race 201 meter. Targetnya adalah masuk ke 8 detik,” tutup Apre.

Mods : B-Series 2.0L VTEC Engine, Supertech Pistons, Eagle Connecting Rods, ACL Bearings, ARP Head Stud, OEM B16A Civic Type R Cylinder Head, Toda Cam Gears, Skunk2 Camshaft, Skunk2 Valve Springs, Skunk2 Ultra Series Intake Manifold, S90 Throttle Body, Fuel Injector Clinic Injectors, AEM Fuel Rail, AEM Fuel Pressure Regulator, Bosch 044 Fuel Pump, MSD Ignition Coil, MSD 7AL Ignition Control, MSD Spark Plug Wires, Custom Close Ratio Transmission, Competition Clutch, Weld Wheels, Toyo Proxes R888 Tires (Front), Hoosier Drag Radial Tires (Rear), Ultra Racing Strut Bar.

Tuned by : AP Speed, Jakarta.

KOMENTAR