Honda Civic (EK4) : Japanese Legendary

Honda Civic (EK4) : Japanese Legendary

Bukan rahasia umum maupun pribadi, jika Honda Civic Type R generasi pertama melekat di hati sebagian besar penggemar Civic, maupun pecinta Honda itu sendiri. Selain tampilannya yang Jepang buangetzz, Civic Type R EK9 telah menjadi legenda di dunia otomotif.

Honda Civic EK4

Yup, meskipun yang kami liput kali ini adalah Honda Civic EK4, namun mobil milik Keevan Glen ini layak diberikan jempol keatas sebanyak-banyaknya. “Kebetulan dapet Civic EK4, langsung dibuat seperti Civic Type R EK9, karena bisa dibilang mobil paling rare,” ungkap Keevan.

Honda Civic EK4

“Sangat susah dapetin EK9, ini saja dapet Civic EK4 sudah untung-untungan bang,” jujurnya. Bagian eksterior di Honda Civic hatchback generasi ke-6 ini langsung dipasangkan dengan beberapa perangkat orisinil Civic Type R, seperti bemper depan berikut lips dan spoiler, dan stoplamp.

Honda Civic EK4

Beberapa decals Type R juga melekat di Civic EK4-nya. Kemudian warna juga tidak mau asal-asalan. “Saya pilih Phoenix Yellow, warna kuning orisinilnya Honda Civic Type R. Itu kode catnya Y56,” jelas Keevan. Sementara untuk membuat tampilan lebih cihuy, Keevan menyematkan kap mesin, spion, dan spoiler dari bahan karbon.

Honda Civic EK4

Ciri khas Honda Civic Type R adalah memiliki interior yang berkesan sport, dengan mengkombinasikan warna merah. Keevan pun melakukan hal yang sama pada Civic EK4 miliknya, utamanya pada jok, doortrim, hingga karpet yang berkelir merah orisinil Civic Type R.

Honda Civic EK4

Honda Civic EK4

Selain itu, lingkar kemudi juga menggunakan bawaan Civic Type R, hingga instrument cluster yang ciri khas tachometer-nya hingga 10.000 RPM. “Sebenarnya panel tengah pengen ganti ke Type R, tapi kayaknya begini aja karena panel A/C-nya sudah digital,” jujurnya.

Honda Civic EK4

Honda Civic EK4

Berbicara performa, pastinya langsung terpikirkan mesin B Series. Civic EK4 yang basisnya B16A bertransmisi automatic, oleh Keevan digusur dengan kombinasi kepala silinder B16A dan blok mesin B20 untuk menjadikan konfigurasi 2.000 cc VTEC.

Honda Civic EK4

Karena dirinya hobi akan kecepatan, tidak serta merta membiarkan kondisi mesin yang standar. Sebut saja internal mesin yang diperkuat melalui piston dan setang piston, hingga camshaft dari Skunk2. Saat diukur, tenaga yang dipunyai Civic EK4 ini adalah 264 HP menggunakan bahan bakar RON95.

Honda Civic EK4

Tenaga tersebut tidak lagi dikirimkan ke transmisi automatic bawaan, melainkan ke transmisi manual dari Honda Integra Type R berprofil close ratio. Transformasi transmisi pada Civic EK4-nya dari automatic ke manual diakui cukup banyak ubahan.

Honda Civic EK4

Mesin yang powerful harus diimbangi pada rodanya. Untuk urusan ini, Keevan memilih velg diameter 16 inci dengan lebar 7,5 inci dari Advan RG I, selain juga meningkatkan penampilan Civic EK4-nya. Tidak hanya itu, Keevan juga mengganti perangkat rem depan yang kali ini bawaan Honda NSX. “Kebetulan lagi ada yang jual, daya pengeremannya jauh lebih kuat,” kata Keevan.

Honda Civic EK4

Honda Civic EK4

Di akhir pembicaraan, kami sempat menanyakan proyek selanjutnya pada Honda Civic EK4-nya. “Paling mau cari headlamp, karena masih bawaan EK4. Sudah cari-cari bawaan Type R tapi gak ada yang bagus. Untuk dipakai balap, kayaknya udah engga lagi, karena dulu udah puas pakai Estilo di drag race,” tutupnya.

Keevan’s Honda Civic EK4 :
OEM Civic Type R Front Bumper, OEM Civic Type R Grille, OEM Civic Type R Front & Rear Lips, OEM Civic Type R Stoplamps, Carbon Side Mirrors, Carbon Engine Hood, Carbon Rear Spoiler, OEM Civic Type R Instrument Cluster, OEM Civic Type R Steering Wheel, OEM Civic Type R Floor Mats, OEM Civic Type R Pedal Set, Recaro SR3 Front Seats, Buddy Club Shift Knob, B20 VTEC Engine, Wiseco Pistons, Eagle Con-Rods, Supertech Valve Springs, Skunk2 Pro3 Camshaft, Skunk2 Intake Manifold, AEM Fuel Rail & Fuel Filter, DeatschWerks Fuel Pump, Tonnka 4-2-1 Exhaust Manifold, Fujitsubo Muffler, P28 ECU, Dastek Unichip Piggyback, S80 OEM Integra Type R Transmission Advan RG I 16×7.5” ET35 Wheels, Toyo DRB 195/50 Tires, Buddy Club 3-way Coilover Suspension, OEM Honda NSX Front Brake System.

Tuned by : Engine+

KOMENTAR