First Impression Honda Brio Generasi 2

First Impression Honda Brio Generasi 2

PT Honda Prospect Motor akhirnya melakukan world premier generasi ke-2 dari mobil city car-nya yaitu Honda Brio. Mobil ini rasanya menjawab apa yang dibutuhkan pengguna Honda Brio sebelumnya. Selain itu, Honda juga mengatakan bahwa all new Honda Brio memang dikembangkan untuk Indonesia.

All New Honda Brio 2018 Indonesia

Yang paling nyata adalah bertambah panjangnya wheel base 60 mm. Meskipun tetap mempertahankan bentuk kompaknya, hal ini membuat ruang duduk di kabin belakang lebih lega. Selain itu, ruang bagasi juga lebih luas 90 mm sehingga kapasitasnya menjadi lebih besar untuk barang bawaan, bahkan bisa memuat kereta bayi.

All New Honda Brio 2018 Indonesia

Berbicara desain, sebenarnya sudah tidak kaget karena sekilas mirip dengan Small RS Concept yang ditampilkan pada bulan April lalu. Namun berbicara all new Honda Brio ini, pada bagian depan mulai bemper, grill, hingga headlamp yang mendapat LED position light guides mirip dengan ‘kakak’-nya yaitu Mobilio. Harus diakui jika tampilannya jadi lebih keren.

All New Honda Brio 2018 Indonesia

Kemudian bergeser ke samping juga sekilas mirip dengan Honda Brio generasi sebelumnya, namun terdapat perbedaan pada pintu belakang dan bodi yang lebih panjang. Sementara di bagian belakang mendapat lampu baru menyerupai huruf C seperti model lainnya, pintu bagasi baru, bemper belakang desain baru, dan spoiler yang lebih sporty.

All New Honda Brio 2018 Indonesia

Sebenarnya ciri khas Honda Brio agak berkurang, yang mana pintu bagasi kini sudah tidak seluruhnya kaca seperti sebelumnya. Namun supaya lebih nyaman, kini membuka pintu bagasi lebih mudah dengan menekan tombol di bagian bawah. Hal ini juga membuat pintu bagasi belakang lebih polos.

All New Honda Brio 2018 Indonesia

Masuk ke kabin, diawali dari dashboard yang kurang lebih desainnya masih sama seperti sebelumnya, berikut pengaturan AC digital. Dengan warna dominasi hitam, dashboard dikombinasikan aksen silver untuk Brio Satya, dan oranye untuk Brio RS, yang juga diberikan ‘RS’ pada instrument cluster-nya.

All New Honda Brio 2018 Indonesia

Berbicara jok, untuk Honda Brio Satya desainnya berbentuk semi bucket pada jok depan dan jok belakang bisa diatur headrest-nya, yang diberikan warna beige. Untuk Honda Brio RS, jok depan menggunakan model baru dengan headrest yang bisa diatur, serta diberikan warna hitam kombinasi oranye pada jahitannya.

All New Honda Brio 2018 Indonesia

All new Honda Brio tetap menggunakan mesin andalan seperti sebelumnya, yaitu 4 silinder 1.2L i-VTEC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 90 PS dan torsi 110 Nm. Diberikan 2 pilihan transmisi, manual 5-speed dan automatic CVT Earth Dreams Technology. Meskipun bobot bertambah sekitar 20 kg karena bertambah panjang, namun Honda tetap menjamin efisiensi bahan bakarnya.

All New Honda Brio 2018 Indonesia

Meskipun sudah resmi diluncurkan, baik Honda Brio Satya maupun Honda Brio RS, PT Honda Prospect Motor belum merilis harganya. Hal ini dikarenakan masih menunggu regulasi dari pemerintah akan mobil LCGC, utamanya pada Brio Satya. Namun Honda Brio generasi ke-2 ini sudah bisa dinikmati bulan Oktober mendatang.

KOMENTAR