First Impression & First Drive New MINI Countryman 2017

First Impression & First Drive New MINI Countryman 2017

MINI Countryman generasi ke-2 baru saja diluncurkan oleh PT Maxindo International Nusantara Indah hari ini (5/4) di Jakarta. Tentunya new MINI Countryman memiliki sejumlah perbedaan dibandingkan generasi sebelumnya.

New MINI Countryman 2017 Indonesia

MINI masih mempertahankan ciri khasnya MINI Countryman terbaru. Namun hal yang paling berbeda adalah pada bagian depan, yaitu new MINI Countryman diberikan desain baru pada headlights, yang kini DRL-nya melingkar. Tidak hanya itu, bemper pun kali ini didesain lebih agresif dibandingkan sebelumya.

New MINI Countryman 2017 Indonesia

Kemudian pada bagian samping juga mirip-mirip. Namun di new MINI Countryman, pada kaca bagian samping belakang menjadi lebih kecil. Untuk velg-nya juga diberikan desain baru, yang mana diameter 18 inci untuk Cooper S, dan 17 inci untuk Cooper.

New MINI Countryman 2017 Indonesia

Pindah ke bagian belakang juga masih mempertahankan desain MINI pada Countryman terbaru ini. Lampu rem belakang kurang lebih dimensinya sama, namun desainnya berbeda. Khusus Cooper S, pintu bagasi bisa terbuka secara elektrik.

New MINI Countryman 2017 Indonesia

Masuk ke interior, disuguhkan dengan desain baru pada dashboard new MINI Countryman. Nampaknya desain bulet-bulet justru berubah, yang mana kisi-kisi AC justru sekarang berbentuk vertikal. Tidak hanya itu, instrument cluster kini berada dibalik lingkar kemudi. Namun head unit yang dikelilingi frame bulet masih menjadi ciri khas di MINI Countryman terbaru ini.

New MINI Countryman 2017 Indonesia

Kemudian untuk jok-nya juga berubah desainnya, yang mana tetap berbentuk seperti model bucket. Untuk MINI Cooper S Countryman, jok-nya sudah dilapisi kulit. Seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya, new MINI Countryman dimensinya bertambah panjang 20 cm, dan lebar 7,5 cm. Hal ini memberikan kabin yang lebih lega terutama di penumpang belakang.

New MINI Countryman 2017 Indonesia

New MINI Countryman 2017 IndonesiaMesin untuk new MINI Countryman model Cooper S dibekali mesin 4 silinder 2.0L TwinPower Turbo ber-output 192 HP dan 280 Nm, ditemani transmisi 8-speed sport automatic. Sementara untuk model Cooper-nya dibekali mesin 3 silinder 1.5L TwinPower Turbo dengan output 136 HP dan 220 Nm yang ditemani 6-speed automatic transmission.

New MINI Countryman 2017 Indonesia

Setelah diluncurkan secara resmi, para media pun diberikan kesempatan untuk test drive new MINI Countryman. Kami pun sempat mengujinya sebentar, dan kami mendapatkan kesempatan pada MINI Cooper Countryman yang bermesin 1.5L. Pengujian dilakukan di sekitar Senayan, Jakarta.

New MINI Countryman 2017 Indonesia

Posisi jok bisa diatur sesuai postur kami selaku driver yang berkarakter ‘tiang’. Kami berkendara secara santai, dan rasanya mesin sangat halus meyalurkan tenaga. Ketika mendapati jalanan yang kosong, kami mencoba pedal to metal di mode sport. Akselerasi memang cukup cepat untuk mesin 3 silinder 1.5L, namun ketika injak pedal gas secara tiba-tiba, kami merasakan respon yang kurang cepat.

New MINI Countryman 2017 Indonesia

Kemungkinan hal tersebut merupakan kesalahan kami, karena belum sempat beradaptasi dan waktu test drive yang singkat. Namun asyiknya, terdapat 3 pilihan saat dikendarai, yaitu Green untuk efisien bahan bakar, Sport untuk memberikan performanya, dan MID yang mungkin diantara Green dan Sport. Kami sempat menanyakan teman yang mencoba Cooper S, dan dikatakan akselerasinya lebih sangar.

New MINI Countryman 2017 Indonesia

Tidak usah ditanya masalah kekedapan kabin ketika berbicara mobil Eropa, karena new MINI Countryman cukup sunyi. Harga yang dijual adalah Rp 660 juta untuk MINI Cooper Countryman, dan Rp 865 juta untuk MINI Cooper S Countryman.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis