Daihatsu Sirion SQL : Imajinasi Hasilkan Karya Terbaik

Daihatsu Sirion SQL : Imajinasi Hasilkan Karya Terbaik

Manado, bosmobil.com – Sebuah karya dari Gerai Antz Audioworkshop Manado, Sulawesi Utara bergenre SQL ini tertuang pada mobil Daihatsu Sirion. Memang unik, pasalnya kabin mobil yang memiliki ruang sempit menjadi tantangan installer dalam melakukan proses upgrade.

“seperti kebanyakan upgrade sistem semuanya sebenarnya sama, ketertarikan bukan pada merek atau jenis mobil yang akan di-upgrade, tapi akan jadi seperti apa nanti hasilnya, disini dibutuhkan imajinasi installer.”, tutur Boncu, selaku eksekutor mobil.

Cello-5

Nah, tantangan Daihatsu Sirion yaitu penempatan midbass, dengan membuat dudukan custom.” Setiap mobil punya tantangan yang berbeda, khusus mobil ini ketiadaan rumah midbass di dorrtrim pintu menjadi hal utama, sehingga gue akali dengan membuat sendiri panel midbass alias custom.”, tutur Pria bersahaja ini.

Cello

Peredam Hanya Pintu Depan
Perihal suara, penyematan peredam sesuai kebutuhan, yaitu  hanya  pintu depan.”mengingat keterbatasan budget hahaha, gue pasang hanya empat lembar tiap pintu untuk meminimalkan getaran serta backwave killer. Lalu, satu lembar untuk mengurangi standing wave. Hasilnya, suara mid-low lebih fokus dan clean.”, tambahnya.

cello-7

Optimalkan kinerja Speaker
Menyulap hiburan didalam Daihatsu Sirion yaitu membubuhi speaker 3 way di depan dan 2 way di belakang. Banyak langkah yang ditata mulai dari sudut peletakkan dan lainnya,  hingga suara yang diidamkan pemilik mobil bisa terealisasi dengan sempurna, yaitu Sound Quality Loud (SQL).

Cello-1

“speaker tidak dirubah, semua disesuaikan dengan kemampuannya. Biasanya gue modifikasi pasif crossover bawaan pabrik, tapi khusus di mobil ini, gue hanya setting dari fitur prosessor eksternal agak tinggi untuk HPF ( High Pass Filter) speaker belakangnya.”, imbuh Boncu.

Cello-4

cello-8

Siasati Kabin Kecil
Urusan penghantar frekuensi rendah didukung oleh penambahan dua unit subwoofer yang dibalut boks custom. Hal ini untuk mendapatkan efisiensi suara yang rendah dan hentakkan yang kencang.

Cello-3

“ukuran boks-nya sebesar 25 liter atau 0,9 cu/ft. Karena, bagasi mobil yang terbilang kecil untuk mengakomodir semua peralatan yang dipasang.”, cetus Boncu.

Pilih Dua Power Amplifier
Penggunaan asupan daya hanya mengandalkan dua unit power berbeda kanal untuk sokong speaker dan subwoofer. Namun, dengan hitungan tepat, tiap driver mampu mengeluarkan seluruh kemampuannya.

Cello-2

“satu unit power empat channel gue sokong buat speaker depan dan speaker belakang, sedangkan satu unit power monoblok untuk drive dua unit sobwoofer.”, kenang Boncu.

Suka Putar Musik Lewat Ipad
Sebagai source, pilihannya adalah Sony XAV-65. Lalu, dihubungkan dengan prosessor ekternal untuk kelola suara tertata dengan benar.” Gue pilih Sony karena bisa memutar hiburan dengan berbagai format lumayan lengkap, dan gue paling suka putar hiburan melalui iPad, jadi hal ini bisa terakomodir dengan tepat. “, tutupnya.

sony

vox

Spesifikasi : head unit : Sony XAV-65, prosessor eksternal: Vox, speaker : Cello, subwoofer: Cello, power amplifier: Cello ( 2 pcs), kabel RCA dan speaker : Pitch n Timbre, peredam: LM Audio. Powered by Antz Audioworkshop, Manado Sulawesi Utara.

KOMENTAR