Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe, Sang LCGC Yang Naik Kelas

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe, Sang LCGC Yang Naik Kelas

Mobil segmen LCGC nampaknya semakin ‘hot’ setelah diluncurkannya Daihatsu Ayla facelift oleh Astra Daihatsu Motor pada 7 April lalu di Jakarta, bersamaan dengan ‘saudaranya’. Semakin hot karena mobil LCGC ini diberikan pilihan mesin baru yaitu 4 silinder 1.200 cc, seperti rival beratnya.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Sebut saja Ayla 1.2L, yang mana tidak hanya mesin saja yang berubah. Seperti Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe yang merupakan varian tertinggi dari Ayla, memiliki segelintir ubahan yang bisa dibilang mobil ini menjadi naik kelas.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Masih menggunakan platform yang sama, karena disebut facelift. Namun Ayla 1.2L R Deluxe ini dibekali tampang baru dengan desain lebih sporty, terlihat dari bemper depannya berikut grill, serta ditambahkannya front lip.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Masih di bagian depan, ubahan bemper menjadikan Ayla 1.2L R Deluxe mendapat headlamp desain baru dan berbekal proyektor, yang mana meningkatkan kelas mobil LCGC ini. Selain itu terdapat position lamp, yang jika menyala seakan menyatu dengan garis di grill. Selain itu terdapat DRL yang berada di bemper, bukan di headlamp.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Ke bagian samping, perbedaan yang sangat mencolok pada Ayla 1.2L R Deluxe dibandingkan sebelum facelift yaitu adanya sideskirt, yang mana hal ini membuat mobil lebih sporty. Selebihnya masih sama karena berstatus ‘penyegaran’, hanya saja velg kini diberikan desain baru untuk mendukung tampilan, dengan diameter 14 inci.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Segelintir ubahan juga terdapat di bagian belakang. Sangat jelas bempernya berubah desain yang menurut kami ‘kelewat sporty’, namun hal ini tergantung selera masing-masing. Lampu belakang kini desainnya lebih modern. Layaknya varian tertinggi, Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe dibekali spoiler. Selain itu, terdapat lis krom di bawah kaca. Mungkin jika kami membeli mobil ini, akan kami lepas lis kromnya.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

‘Naik kelas’ berlanjut ke bagian interior Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe, karena sekarang dibekali head unit 2-din dengan layar touch screen. Head unit ini bisa memainkan lagu dari CD, ataupun MP3 melalui slot USB, hingga memungkinkan nonton dipidi alias DVD. Head unit tersebut juga bisa diatur melalui lingkar kemudi dengan adanya audio steering switch.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Secara keseluruhan, kabin Ayla 1.2L R Deluxe mengadopsi warna hitam, yang dikombinasi aksen abu-abu di beberapa bagiannya. Dashboard masih memiliki desain yang sama dengan sebelumnya, serta pada bagian instrument cluster-nya, yang dikombinasikan ring krom.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Sementara jok depan yang berdesain sedikit bucket, kini diberikan bahan fabric baru dengan motif yang berbeda, yang juga berlaku pada jok belakang. Kemudian doortrim juga dikombinasikan dengan bahan ini, namun hanya pada doortrim depan saja. Selain itu juga diberikan arm rest sederhana untuk bagian depan. Kemudian bagasi juga masih sama seperti sebelumnya, yang cukup membawa banyak barang.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Daihatsy Ayla 1.2L R Deluxe diberikan mesin yang sama seperti kakaknya, yaitu 3NR-VE. Mesin 4 silinder DOHC berkarakter square engine (72,5 mm x 72,5 mm) ini berkapasitas 1.200 cc, lengkap dengan fitur Dual VVT-i. Output yang diberikan adalah 88 PS di putaran 6.000 RPM, dan 108 Nm di putaran 4.200 cc. Terdapat 2 pilihan transmisi, yaitu manual 5-speed, dan automatic 4-speed.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Kami pun sempat mencoba performa mesin yang baru pada artikel sebelumnya (KLIK DISINI BANG). Secara singkat, mesin untuk Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe ini memang lebih bertenaga. Namun kami merasakan sedikit lemot pada putaran mesin bawah (sampai 2.000 RPM), yang membuat sedikit lebih menekan pedal saat berada di putaran mesin tersebut.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Mungkin hal tersebut bisa diobati dengan masalah kebiasaan mengendarainya. Diluar itu, akselerasi juga sangat berbeda, wajar karena kapasitas mesinnya berbeda. Kami sempat mencoba di tol, saat kecepatan 80 km/jam, dan tekan lebih dalam pedal gas, mesin meresponnya dengan cukup cepat. Dan yang cukup penting juga, berkat mesin 4 silindernya, getaran mesin terasa halus.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Selain itu, Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe juga dilengkapi suspensi yang berkarakter cukup sport. Mungkin bagi yang baru mencobanya, akan terasa keras. Namun hal ini justru diuntungkan saat ngebut, karena bisa mengurangi gejala limbung. Meskipun demikian, kami juga sempat melewati jalan yang keriting, dan suspensi mampu meredamnya dengan baik.

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe 2017

Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe sudah tersedia di dealer-dealer resmi Daihatsu di Indonesia. Di segmen mobil LCGC, Ayla 1.2L R Deluxe ini bisa menjadi pilihan baru, karena harganya bisa dibilang imbang dengan rivalnya. Harganya sendiri adalah Rp 136,5 juta untuk transmisi manual, dan 146,25 juta untuk transmisi automatic.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis