Review Mobil : Hyundai i10 GLi A/T Facelift

Posted: 12 August 2011 Viewed 9,702 times

Tak ada yang menyangka kalau mobil mungil ini bisa melesat menyaingi mobil dengan kapasitas cc yang lebih besar diatasnya. Tampangnya yang imut-imut ternyata menyimpan tenaga yang cukup besar untuk ukuran mobil sekecil itu. Sungguh sangat diluar ekspektasi ketika mencoba menginjak pedal gas mobil ini  saat berada di putaran mesin atas, mobil langsung tiba-tiba melesat.

Hyundai i10 GLi

Hyundai i10 merupakan andalan PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) dikelas city car dengan mesin 1.1 liter. Layaknya mobil MPV, mobil city car kini juga menjadi trend, terutama untuk pemakaian perkotaan yang perlu kegesitan saat bergerak di lalu lintas yang padat.

Varian Hyundai i10 kali ini merupakan model minor change dari model sebelumnya yang diluncurkan pada tahun 2009. Selanjutnya diperbaharui pada awal maret tahun 2011 yang hadir dengan nama The All New Next Gen Hyundai i10, yang ditawarkan dalam dua tipe, yaitu GLi dan Limited. Keduanya mengalami perubahan eksterior mulai dari desain grille depan, lampu depan, lampu belakang, bemper depan dan belakang serta tambahan velg baru berukuran 14 inci. Begitu juga interiornya yang mengalami beberapa ubahan.

Hyundai i10 GLi

Dengan segudang kelebihan tersebut, mobil mungil Hyundai i10 dinobatkan sebagai the Best City Car 2011 di ajang Otomotif Award 2011. Desain yang apik, performa mesin yang terbukti mumpuni, fitur pendukung keamanan dan kenyamanan yang bagus, serta harga yang bersaing menjadi keunggulan mobil

Dalam beberapa kesempatan, team Bosmobil mencoba mengendarai Hyundai i10 tipe GLi. Ingin tahu lebih jelasnya mari kita simak pembahasanya.

Eksterior

Hyundai i10 GLi

Berkat penyegaran pada sektor eksterior dari model sebelumnya, Hyundai i10 GLi terlihat lebih modern dan lebih metropolis. Bentuk headlamp yang  atraktif dipadu grille dengan desain New Dynamic Trapezoid serta  New Front Bumper dengan garis-garis yang tegas, menjadikan mobil city car asal negeri gingseng ini semakin terlihat lebih sporty pada penampakan depannya.

Hyundai i10 GLi

Hyundai i10 GLi

Sedangkan pada bagian belakang juga tak kalah modern, bentuk lampu belakang yang mengikuti lekuk body belakang seolah telihat menyatu.

Hyundai i10 GLi

Interior

Hyundai i10 GLi

Hyundai berusaha menghadirkan tampilan modern. Karena itulah, dashboard, door trim serta jok Hyundai i10 GLi menggunakan warna Two Tone Colour Combination. Tapi bagi sebuah mobil city car, hal terpenting adalah masalah kenyamanan di dalam kabin. Posisi duduk baik pengemudi maupun sang penumpang dan keluasan kabin menjadi hal yang penting untuk dicermati. Untuk masalah ini sepertinya anda tak perlu khawatir, karena Hyundai i10 GLi cukup mengakomodir tempat duduk dengan baik serta ruang kabin yang cukup luas. Ditambah jok depan “High Back” sehingga menambah nyaman duduk di jok depan.

Hyundai i10 GLi

Faktor pendukung kenyamanan berkendara dengan Hyundai i10 GLi tidak hanya berhenti disitu saja. Guna menyesuaikan posisi stir mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur Tilt Steering. Sedangkan untuk memanjakan mata ketika melihat panel indikator i10, Hyundai memberikan cluster dengan pancaran warna Indigo Blue Illumination.

Hyundai i10 GLi

Hal yang paling disayangkan adalah tidak adanya fitur Power Window di bangku bagian belakang.  Penumpang di jok belakang harus bersusah payah mengayuh tuas untuk menaik turunkan kaca secara

Under The Hood & Performance

Hyundai i10 GLi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya tentang urusan pendongkrak tenaga, jangan pernah menyepelekan bentuknya yang mungil karena diam-diam mobil ini meyimpan tenaga yang cukup besar. Didukung mesin berkapasitas 1.086 cc 4 silinder dengan transmisi otomatis, Hyundai i10 GLi mampu mengeluarkan tenaga hingga 69 Hp dengan torsi maksimum 101 Nm pada putaran 4500 Rpm.

Hyundai i10 GLi

Dari sisi keselamatan berkendara, Hyundai i10 GLi dilengkapi dengan Rigid Safety Structure yang akan melindungi penumpang terhadap benturan maupun tekanan dari depan dan samping jika terjadi kecelakaan. Ditambah dengan penggunaan Ventilated Disc Brake untuk keselamatan yang lebih sempurna, dan Motor Driven Power Steering (MDPS) untuk mengefisiensikan tenaga mesin, sehingga menciptakan sensasi fun to drive dan rasa nyaman yang maksimal.

Price & Style

Hyundai i10 GLi

Persaingan city car di pasar Indonesia memang cukup menguras tenaga, karena hampir semua pabrikan mobil mengeluarkan mobil jenis ini dan terciptanya persaingan antar pabrikan mobil. Tetapi dengan bekal yang matang, sepertinya Hyundai i10 tak perlu khawatir akan kehilangan pasar. Apalagi harganya terbilang sangat kompetitif, PT HMI membanderol Hyundai i10 GLi AT dengan harga Rp. 141.500.000,00. Hyundai memberikan pilihan warna yang menarik yakni Crystal White, Electric Red, Carbon Gray, Sleek Silver dan Phantom Black.


Teks/edit/foto : ryan/niel/ryan

Tags Under: Car Review

Back to Top