Audi TT quattro (8N) : Own The Scarcity

Audi TT quattro (8N) : Own The Scarcity

Samuel memang hobi memiliki mobil yang jarang beredar di jalan raya. Bukan masalah tidak mau merakyat atau sejenisnya, kalau sudah hobi tentu akan berbeda. “Sebelumnya pakai Golf GTI Mk4, Mercy CLC, RX8, pernah juga Prelude,” buka Samuel.

Audi TT quattro (8N)

Kemudian Audi TT miliknya ini bukanlah Audi TT biasa, melainkan versi quattro-nya, dimana dibekali sistem all-wheel drive yang sangat sedikit populasinya. “Audi TT quattro generasi pertama ini setau gue hanya 5 di Indonesia, kalau yang versi biasanya lebih dari itu,” jelasnya.

Audi TT quattro (8N)

Apalagi Audi TT quattro kelahiran tahun 2000 ini sangat spesial, karena sudah dibekali beragam aksesoris untuk menunjang tampilan maupun performa. “Kata orang sebelumnya, pembeli pertamanya saat mau beli di importir umum, dia pesan yang sudah begini,” jelasnya lagi.

Audi TT quattro (8N)

“Awalnya cari yang versi biasanya. Tapi kebetulan banget teman punya Audi TT quattro dan sudah ada aksesorisnya. Ga pakai pikir panjang, langsung beli, apalagi mileage-nya masih sekitar 16.000 kilometer. Sebelumnya gue pakai Golf GTI Mk4, yang memang mirip-mirip dengan Audi TT quattro ini,” katanya.

Audi TT quattro (8N)

Di eksteriornya, 2-door sports car sudah dibekali body kit berlabel Caractere Performance. Aksesoris yang biasa untuk mobil-mobil Volkswagen Group ini terdiri dari add-on spoiler di bemper depan-belakang, front grille, hingga side skirts.

Audi TT quattro (8N)

Mangkin spesial karena Audi TT quattro 8N-nya memiliki ‘sepatu’ dari ABT Sportsline. Velg lansiran OZ Racing ini memiliki dimensi 19×9 inci, dibalut ban berprofil 225/40. Tampilan makin ciamik karena lebih rendah berkat adanya suspensi coilover dari ABT Sportsline juga.

Audi TT quattro (8N)

Audi TT quattro (8N)

Masuk ke interior telah disuguhkan jok berlapis kulit dengan desain mengapit tubuh khas mobil sport. Di Audi TT quattro dihiasi dengan aksen aluminium di beberapa panelnya, termasuk instrument cluster yang satuannya miles per hour (MPH). “Ini mobil aslinya untuk negara di Eropa,” ucap Samuel.

Audi TT quattro (8N)

Audi TT quattro (8N)

Audi TT quattro (8N)

Berbicara sports car, tentunya jantung utama merupakan kuncinya. Audi TT quattro memiliki mesin 1.8L 20V turbo. “Mesinnya mirip Golf GTI Mk4. Bedanya, Golf itu turbo-nya K03, kalau ini turbo-nya sudah K04,” tuturnya.

Audi TT quattro (8N)

Namun lagi-lagi sudah dijejali perangkat penunjang performanya. Utamanya adalah exhaust system lansiran ABT Sportsline berikut chip tuning-nya. Tenaganya sudah seharusnya lebih dari 225 HP, dihubungkan ke transmisi 6-speed manual dan Haldex 4WD system.

Audi TT quattro (8N)

“Performa memang oke dibandingkan mobil-mobil sebelumnya, apalagi sudah all-wheel drive. Kurangnya, kalau sekarang ini berasa banget turbo lag-nya,” jelas Samuel.

Audi TT quattro (8N)

“Kedepannya mau ganti velg, sama mungkin tuning ulang supaya turbo lag berkurang,” tutup Samuel.

Samuel’s Audi TT quattro :
Caractere Body Kit, ABT Sportsline A27 19×9” Wheels, ABT Sportsline Coilover Suspension, ABT Sportsline Exhaust System, Accelera 225/40R19 Tires, APR R1 Diverter Valve, K&N Air Filter, Pioneer AVH-P6350B Head Unit, Bose Audio System.

KOMENTAR