Audi A8 L, Sedan Premium Berfitur Canggih

Audi A8 L, Sedan Premium Berfitur Canggih

Audi A8 L resmi diluncurkan oleh PT Garuda Mataram Motor di GIIAS 2018 lalu. Mobil generasi 4 ini merupakan model flagship yang memiliki bahasa desain eksterior Audi terbaru, interior dengan konsep pengoperasian layar sentuh inovatif, hingga teknologi mild hybrid yang mendukung performa sedan termewah Audi ini.

Di eksterior, Audi A8 L terbaru menampilkan garis-garis desain baru, diikuti garis-garis tubuh berotot yang mengalir menggambarkan kemewahan sekaligus mempertegas nilai sporty, canggih dan progresif. Lampu utama menggunakan HD Matrix LED, dan LED light strip pada lampu belakang. Untuk lampu seinnya menggunakan dynamic indicator.

Audi A8 L memiliki jarak sumbu roda (wheelbase) yang lebih panjang 13 cm dari A8 standar, memiliki panjang total badan mobil hingga 5,3 meter dengan lebar 1,95 meter dan tinggi 1,49 meter. Hal ini juga membuat kabin yang lebih lapang untuk memberikan kenyamanan.

Sementara desain interiornya justru disederhanakan, dengan panel instrumen di dashboard kini memiliki sedikit tombol dan tuas. Di bagian tengah dashboard terdapat 2 unit layar sentuh yaitu 10,1 inci dan 8,6 inci untuk pengaturan AC dan lainnya. Selain itu, teknologi respon sentuhan MMI Audi kini telah disempurnakan dengan feedback berupa getaran dan suara.

Masih di kabin, Virtual Cockpit-nya menggunakan layar resolusi 1,920 x 720 pixels dan NVIDIA K1 chip, serta head-up display terintegrasi dengan MMI touch response dengan pengaturan untuk seluruh fitur yang ada pada the New Audi A8 L.

Sistem audio pada Audi A8 L dibekali Bang & Olufsen Premium Sound System yang juga mampu menghasilkan suara 3D bagi penumpang di bangku depan dan belakang, menghasilkan suara yang sama persis dengan yang dihasilkan di sebuah gedung konser. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi voice control.

Sebagai jantung utamanya, Audi A8 L di Indonesia dilengkapi mesin V6 Turbo 3.0 TFSI yang menghasilkan tenaga 340 HP, diteruskan ke seluruh roda atau ‘quattro’ (all-wheel drive) melalui transmisi otomatis 8-speed triptonic.

Audi A8 L juga telah dilengkapi teknologi mild hybrid electric vehicle (MHEV) yang membuat mobil mampu berjalan konstan di kecepatan 55–160 km/jam dengan mesin mati dan hanya dengan menginjak pedal gas, mesin dapat dinyalakan kembali dengan proses yang halus. Teknologi ini juga memiliki fungsi start/stop dan sistem penyimpanan energi hingga 12 kW yang menjadikan Audi A8 dapat menghemat bahan bakar hingga 0,7 liter setiap 100 km.

Selain itu, Audi A8 L didukung oleh penggunaan sasis Audi Space Frame (ASF) yang memiliki 58 persen komponen aluminium. Kompartemen penumpang dibuat dari komponan baja ultra-high-strength dan dinding belakang yang dibuat dari carbon-fibre reinforced polymer (CFRP).

KOMENTAR