All New Nissan X-Trail 2.5L – Sensasi Fresh Luar Dalam

All New Nissan X-Trail 2.5L – Sensasi Fresh Luar Dalam

BosMobil – Sedikit terlambat memang untuk membahasnya, namun ketimbang menjadi basi lebih baik kami tuangkan dalam info review sekaligus tes jalan bersama New Nissan X-Trail teratas ini.

Mulai dari melirik desain barunya yang memang harus diakui benar-benar fresh. Mengikuti trend global yang telah banyak dianut oleh kompetitor sebelumnya, akhirnya Nissan pun menyematkan desain baru untuk SUV modern meninggalkan desain mengkotak dari generasi sebelumnya.

images

Tampilan manis yang mirip dengan Nissan Qashqai dianggap mendominasi sektor depan. Grill pun kini nampak berpadu dengan desain engine hood bergaya V models, kemudian disambung dengan kehadiran headlamp baru dengan desain meruncing lengkap bersama LED day time running light. Lekukan ditengah sampai belakang kami anggap cukup mewakilisi sisi atletisnya yang kini bercemin pada urban lifestyle, namun dilain sisi bagi para pecinta SUV khususnya wajah baru X-Trail ini sama sekali tak menghadirkan aura macho.

images

Di sektor belakang, buritanya cukup padat dan sintal bak sebuah wanita sexy yang menggoda ditambah dengan kehadiran rear combination lamp yang menyatu dengan pintu dan bodi samping. Demi alasan kepraktisan, pintu belakang ini pun bisa diakses secara otomatis dari luar dengan menyodorkan tangan di logo Nissan bila posisi kunci berada disaku Anda. Sedangkan untuk menutupnya, tinggal tekan tombol saja tak perlu repot mengeluarkan tenaga.

images

Lanjut masuk ke dalam kabinnya, ambience mewah sudah terasa ketika melirik layout dashboardnya apalagi ketika duduk di balik kemudi. Jok yang terlapis leather dengan dominasi warna hitam terasa cukup nyaman, asiknya sudah dipermudah dengan pengaturan otomatis yang tak hanya terdapat pada sisi pengendara tapi juga penumpang depan.

images

Visual depan terasa lapang, dan meski sudah tinggi dengan sisi ergonomisnya yang memberikan kemudahan untuk pengendara melalui beberapa tombol fungsi yang melekat di kemudi untuk mengatur audio, smart phone sampai mengaktivkan fitur cruise control namun unit audio pun masih bisa dijangkau dengan mudah karena lokasinya yang berada di atas tuas perseneling. Sayangnya, Nissan lebih memilih menghiasi dashboardnya dengan aksen serat karbon ketimbang wood panel yang mampu mendongkrak sisi kemewahannya.

images

Masalah kelapangan kami sudah tak ragu lagi, dengan mengusung konsep tiga baris baik di jok depan dan baris kedua cukup nyaman tapi tidak untuk baris ke-3 yang kami sarankan untuk digunakan sebagai bagasi atau ditempati anak kecil karena ruang yang minim. Nah, salah satu kemudahan yang diberikan X-Trail adalah dari sisi aksesnya yang cukup lebar dari sudut bukaan pintu tengah, penumpang pun tak perlu khawatir ketika berpergian jauh karena bangku di tengah bisa diatur sudut kemiringan senderannya. 

images

Sebelum melakukan perjalanan baiknya kita simak fitur-fitur apa saja yang sudah diaplikasi pada All New Nissan X-Trail ini. Kita mulai dari fitur Eco yang berada di bawah sebelah kanan setir. Eco berfungsi untuk menekan RPM agar saat berkendara anda bisa lebih ekonomis, memantaunya pun cukup mudah jika panel instrumen berwarna hijau berarti menujukan berkendara ekonomis, sebaliknya bila instrumen tidak menunjukan warna hijau makan cara berkendara Anda tidak efesien. Setelah itu kita beralih ke panel instrumen yang telah dijejali banyak fitur, mulai dari Driver Assistance, Clock, Meter Setting, Vehicle Setting, Maintenance, Alarm, samapi Factory Setting.

images

Untuk Driver Assistance berfungsi sebagai mengatur sensor parkir, mulai dari kekerasan suaranya, jarak untuk membaca benda yang ada di hadapan sensor, serta pengaturan fitur engine brake, intinya memudahkan pengendara saat parkir. Meter Setting Berisi pengaturan tampilan panel instrumen tersebut termasuk pancaran atau keredupan cahanyanya. Vehicle Setting berisi pengaturan cahaya kabin, auto door lock, serta wiper sensor yang dapat aktif secara otomatis saat kaca depan mendeteksi adanya tetes-tetes air hujan. Menu Maintenace berisi pengaturan jadwal penggentian oli dan filter oli, penggantian ban, dan jadwal servis rutin. 

images

Masih ada lagi, untuk mempermudah ketika parkir atau melintas ruang jalan yang sempit, Nissan menyediakan fitur Around View Monitor yang berfungsi untuk melihat jarak yang ada melalui empat buah monitor di grille depan, dua di bawah spion luar, dan satu lagi di balik handle pintu bagasi belakang. Untuk mengaktifkannya cukup tekan tombol DISPLAY pada head unit, maka akan tersaji pemandangan di sekitar mobil. Tekan tombol tersebut satu kali lagi, maka posisi pengambilan sudut kamera akan berubah. 

Feel The Ride

images

Setelah puas mempelajari fitur yang ada dan mencari posisi nyaman dibalik kemudi, giliran merasakan berkendara X-Trial anyar yang dibandrol sebesar Rp403,500 ini dengan dibekali mesin 2.488 cc 4-silinder bertenaga 147 dk torsi 226 Nm. Tarikan awal cukup enteng sehingga mobil cepat untuk merespon dan berbgerak, bobotnya yang cukup boxy rupanya tercover oleh putaran tenaga yang responsif di putaran bawah.

imagesMulai mengajaknya berjalan ke jalur Tol luar kota, disini redaksi cukup puas mengeksplorenya. Mulai dari mengkick-down habis pedal gas yang memuat putaran mesin langsung mencapai klimak dan mengantarkan mobil melesat lebih cepat sampai menjelajah dengan menggunakan mode eco. Efek lag masih cukup terasa, namun hal ini kami anggap bukan maslah besar, putaran mesin diatasnya cukup bertenaga, apalagi kali ini All New X-Trail datang dengan ubahan pada sisi transmisi CVT yang dibuat lebih rapat hingga tenaga yang idsalurkan ke roda lebih cepat dalam hal respon.

Cukup nyaman berada di balik kemudi saat mengebernya diputaran tinggi, namun jatidiri sebagai sebuah SUV ber-ground clearance tinggi tetap tak bisa menyangkal kelemahan gejala limbung saat diajak bermanuver melahap tikungan di medan mulus. Hal ini cukup berbeda jauh ketika kami mengajaknya berpetualan masuk ke kawasan Jati Luhur.

images

Sedikit bermain di permukaan tak rata saat ingin menikmati pemandagan waduk, New X-Trail mampu berjalan dengan 'pede' tanpa halangan. Tanah basah serta medan bebatuan di sekitar kebun teh juga tak mengahalangi laju X-Trail menemani para penggunanya, terlebih mereka-mereka yang memiliki jiwa petualang namun tetap mengedapnkan unsur style serta kenyamanan yang tinggi dari sebuah mobil SUV.

images

KOMENTAR