« Back to Blog

Yang Mewah dan Ekonomis - Daihatsu Luxio 1.5 X Prestige

Posted: 11 May 2012 Viewed 15,932 times

BosMobil.com - Kehadiran mobil-mobil MPV yang menjamur memang mendatangkan trend tersendiri di pasar otomotif tanah air. Banyaknya pilihan yang ditawarkan seakan menjadi opsional bagi seseorang untuk mendaptkan kendaraan MPV yang sesuai dengan apa yang dibutuhkannya. Mulai dari yang mewah sampai yang menengah seakan berlomba mencari jarahan pangsa pasarnya.

Salah satu MPV dikelas menengah yang tak kalah dalam masalah kelapangan dan sedikit kemewahan datang dari Daihatsu dengan Luxio-nya. Ditawarkan dengan kisaran harga yang cukup kompetitif dan menawarkan segi kenyamana dari sebuah MPV yang cukup matang yaitu, kenyamanan dan kelapangan rasanya Daihatsu Luxio wajib menjadi salah satu itungan para pecinta low MPV.

Mau tau sedikit tetang Daihatsu Luxio, simak ulasan ringannya.

Dari segi desain, Luxio memang memiliki desain yang konvensional alias cukup biasa dengan bentuk yang persegi. Namun berkat adanya beberapa tatanan yang rapi membuat Luxio tak membosankan untuk dipandang. Mesiki diklaim memiliki platfrom yang sama dengan saudaranya Grand MAx, namun sebutan Luxio yang memberikan arti sebuah kemewahan membuat perbedan yang cukup jauh. Hal ini terlihat dari dimemensinya, Luxio lebih panjang 120 mm juga lebih tinggi 15 mm dibanding Gran Max. Begitu juga dengan pelek yang telah menggunakan alloy berukuran 15" beda dengan Grand Max yang hanya menggunakan 13".

Sedangkan masalah interior, Luxio memiliki kenyamanan yang lebih unggul dari Grand Max. Sisi kelapangan kabin yang mampu mengngkut delapan orang dewasa tanpa adanya efek sempit, karena model bangku yang didesain ala captain seat. Selain itu adanya fitur pintu geser di kedua sisi juga ternyata memberikan keunggulan akses keluar-masuk yang leluasa, meskipun parkir ditempat yang sempit. Tak salah bila sebagian orang menyebut Luxio sebagai "Baby Alphard".

Baik baris kedua maupun ketiga memiliki legroom yang cukup ugas untuk seukuran orang dewasa, terlebih dengan adanya AC double blower di plafon mampu menambah nilai kenyamanan berkendar hingga baris ketiga. Fitur keselamatan, Daihatsu juga memberikan sabuk keselamatan penuh hingga baris ketiga.

Minus yang kami dapat adalah minimnya tempat penyimpanan barang. Baik didalam interior yang cenderung kecil sampai dengan bagasi dibalik bangku belakang. Jadi memang sedikit miris bila dipergunakan untuk berpergian jauh dan membawa banyak barang bawaan bukan ...

Masuk kemasalah performa, ketika kami menjajal Luxio varian 1.5 X Prestige yang dilengkapi dengan mesin 3SZ-VE dan transmisi manual 5 kecepatan rasanya tak jauh dengan mengendarai Xenia maupu Terios. Hanya saja, Luxio memiliki tubuhyang tergolong panjang dan tinggi, hingga memberikan efek handling yang cukup minim. Begitu juga saat top speed, tubuh Luxio seakan melayang dan memberikan efek limbung yang luar biasa, jadi rasanya memang tak pantas bila Luxio diajak untuk kebut-kebutan, mengingat mobil ini peruntukannya memang sebagai mobil keluarga yang sarat dengan kenyamanan dan kelapangan bagi penumpangnya.

Satu lagi minus yang kami dapat, ketika berkendara menempuh jarak cukup jauh efek panas mesin yang berada tepat di bawah jok pengemudi begitu terasa layaknya sebuah heater bangku, bedanya di Luxio langsung dari mesin.

Yang menjadi salah satu keuggulan Daihatsu Luxio adalah masalah harga yang kompetitif dengan para kometitor lainnya. Kisaran harganya cukup beragam sesuai dengan tipenya. Rantan harga yang ditawarkan berkisar Rp 142 juta hingga 177 jutaan untuk tipe tertinggi dengan transmisi otomatik.

So, bagi yang mencari sebuah low MPV namun memiliki kemewahan tersendiri dan lengkap dengan tingkat kelapangan yang melimpah serta ditunjang dengan harga terjangkau, rasanya tak salah bila Luxio menjadi salah satu pertimbangannya.

teks/foto: stan

Tags Under: Rubrik Otomotif

Back to Top