Si Trendy Dari Amerika - Ford Fiesta Trend 1.4 AT

Posted: 30 August 2011 Viewed 11,426 times

"Kehadiran hatchback dari negeri Paman Sam ini memang cukup sensasional, baik dari segi desain dan fitur, Ford Fiesta memang menawarkan sesuatu yang fresh, bahkan sebagian orang memandang bahwa Fiesta jauh lebih memiliki desain yang agresif ketimbang  para kompetitor di kelasnya."

Tak hanya menawarkan tampilan yang sporty dan trendy, Ford Fiesta 1.4L A/T yang sempat di  pinjamkan oleh Ford Motor Indonesia kepada BosMobil juga memiliki fitur canggih berupa Voice Command layaknya fitur yang ada pada kendaraan premium. Sedangkan dalam hal performa, Fiesta Trend yang dibekali mesin 4 silinder 1.4L DOHC juga memiliki power yang tak kalah gahar namun cukup efesien dalam hal konsumsi bahan bakarnya.

Untuk lebih lanjutnya, coba kita bedah bersama si Fiesta Trendy 1.4L A/T ini .

Desain

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Fiesta yang lahir sebagai kendaraan hatchback ini memang memiliki  postur bodi yang cukup agresif baik dari bentuk juga desain lekukannya. Mulai dari bagian depan tepat di bumpernya, Fiesta Trend memang memiliki kesamaan layaknya varian teratas Fiesta S, namun di varian Fiesta Trend tidak ada hiasan kisi-kisi chrome. Karakteristik aerodinamis sangat terlihat di sektor depan, yang kemudian di teruskan dengan lekukan bodi atraktif yang menonjolkan ciri khas model Kinetik Designnya.

Di bagian belakang, genetiknya sebagai kendaraan hatchback cukup terlihat sempurna dengan lekukan yang terlihat manis pada bagian bokongnya. Sebagai fitur standarnya, Fiesta juga telah dilengkapi sensor parking untuk memudahkan ketika memakirkan kendaraan. Keunggulan lain yang dimiliki Fiesta adalah material bodinya yang menggunakan 55% baja Baron yang banyak digunakan untuk keperluan industri karena kekuatan material dan juga tingkat keringanannya.

Salah satu pembeda bagi varian teratasnya, Fiesta Trend 1.4 di berikan pelek berdimensi 15” sedangkan Fiesta S dilengkapi dengan pelek 16”. Tak hanya itu, untuk menciptakan kemudahan lainnya, Ford juga mengembangkan fitur Easy Fuel pada sistem pengisian bahan bakarnya yang cukup unik karena tidak menggunakan tutup lagi, tinggal tekan, terbuka dan siap diisi.

Interior

Setelah merasa cukup membahas bagian desian luarnya, giliran masuk ke bagian interior Fiesta. Tak lain tak bukan, pemandangan awal akan tertuju pada bagian dashboardnya yang di hiasi oleh fitur modern seperti Electronic Stability Control, airbag di sisi penumpang, fitur Bluetooth, AUX-in, MP3, USB dan Voice Control yang sempat tadi kita singgung di bagian awal. Piranti andalan berupa Voice Command yang berfungsi untuk mengatur radio, telepon dan air-conditioning menjadi suatu kelebihan sekaligus kemewahan dari Fiesta, Kanapa…? karena fitur sperti ini pada umunya hanya ditemui di mobil premium kelas atas.

Bahkan dengan adanya teknologi Multi Function Display atau MFD yang berada tepat ditengah dashboard untuk memantau aktifitas seperti ketika pintu terbuka, bonnet dan juga bootnya membuat Fiesta makin Trendy dan sangat modern.

Sisi ergonomis sangat menjadi prioritas Ford pada Fiesta, mulai dari voice command sampai dengan panel audio control telah menempel di bagian stier. Eiitt, jangan samakan dengan mobil Jepang, karena Fiesta mengusung style Eropa untuk sistem kontrolnya, salah satunya ditunjukan dengan tuas lampu sein yang berada di sebelah kiri sedangkan sebelah kanannya untuk mengatur wiper, dan untuk headlamp juga foglamp berada di sebelah kanan berdekatan dengan kunci kontak.

Bagian kaca depan cukup lebar yang menjamin sisi visualisasi atau pengliatan pengendara cukup jelas. Bagian lainya selain fitur canggih tersebut, di bagian kursi depan tepat di bawah jok penumpang terdapat consule box penyimpan barang bawaan yang dapat digunakan untuk menyimpan sepatu maupun benda lainnya. Sedangkan untuk nilai minusnya ada pada panel pengaturan posisi duduk yang mengharuskan pengemudi atau penumpang lainya mengerjakannya secara manual dengan memutar tombol panel yang ada di samping jok.

Under The Hood & Performance

Fiesta Trend datang dengan di bekali mesin 4 silinder 1.400 CC DOHC yang mampu memproduksi tenaga hingga 96 Dk. Walau tak sebesar dengan varian teratasnya, namun terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan berkendara sehari-hari baik di dalam kota maupun di luar kota. Perpindahan transmis otomatisnya pun cukup halus, tarikan bawahnya yang lumayan responsif cocok untuk tekstur kondisi dalam kota yang padat.

Sedangkan untuk berpergian keluar kota, jangan khawatir, karena mulai dari tenaga tengah hingga top speednya terus mengisi sehingga mobil tak kehilangan  power, meski untuk menyentuh angka 160 km/jam Fiesta membutuhkan waktu yang cukup lama namun ketika berlari Fiesta cukup stabil tanpa ada efek limbung, selian itu dengan adanya fitur Noise Vibration Harshness (NVH) membuat isi kabin pun cukup sunyi senyap.

Untuk memberikan variasi dalam berkendara, Ford menempatkan optional pilihan posisi transmisi manual yang dapat digunakan guna menambah akselerasi yang maksimal. Mengenai konsumsi bahan bakar, Ford Fiesta mampu melewati trek sejauh 11,5 km dengan konsumsi bahan bakar sebanyak 1 liter dalam penggunaanya dalam kota. Sedangkan untuk trek luar kota tepat di jalan tol sewaktu tim mengujinya, konsumsi 1 liter pada Fiesta mampu menempuh jarak hingga 14,2 Km. Hmmm … bagaimana menurut anda, cukup irit bukan …

Price & Style

Berbicara dengan trand lifestyle yang mengusung berbagai kemudahan, rasanya Ford Fiesta cukup memberikan kriteria tersebut. Baik dari sisi desainya yang modern dan sporty, kecanggihan fiturnya dan juga performa mesinya yang tak kalah saing dengan para kompetitornya.

Sedangkan mengenai harga harga, Ford Motor Indonesia memberikan banderol Fiesta 1.4 liter varian Trend dengan transmisi otomatis sebesar Rp 188.000.000, sementara untuk tipe manualnya dibanderol seharga Rp 178,000,000 (OTR).

Teks/foto : *stanly

Tags Under: Car Review

Back to Top