Salah Kaprah Tentang Sound Quality Loud (SQL)

Posted: 7 December 2011 Viewed 5,738 times

Jakarta, BosMobil.com - Bicara mengenai audio pada mobil memang tak ada habisnya, ada tiga aliran yang cukup booming di tanah air diantaranya adalah Sound Quality (SQ), Sound Pleasure Level (SPL) dan penggabungan dari keduanya  (SQ+SPL) yaitu Sound Quality Loud (SQL).

Khusus untuk SQL, banyak selentingan penggemar audio salah mengartikan aliran yang satu ini. Banyak kabar yang  beredar di mayarakat audio mengartikan kalau aliran ini mengedepankan frekuensi suara rendah yang keras dan bulat. Memang tidak salah tapi agak kurang tepat dan cukup bisa dimaklumi karena SQL belum genap dua tahun berpijak ditanah air.

Melihat fenomena tersebut membuat tim BosMobil.com menyambangi salah satu tokoh audio di tanah air, Wahyu Tanuwidjaja. Sang punggawa workshop Mobiltronik Flames yang juga salah satu pembawa aliran ini ke Indonesia untuk menjawab masalah tersebut. Menurutnya pengertian yang menyebutkan bahwa SQL lebih menitikberatkan pada suara subwoofer yang keras dan bulat adalah salah kaprah. “Pengertian SQL adalah kencang, bagus dan seimbang,” ucap Wahyu dengan singkat.

Tiga kata sakral tersebut memiliki pengertian masing-masing. 'Kencang' yang dimaksud Wahyu adalah semua perangkat speaker wajib mengeluarkan frekuensi suara yang besar dan kencang. Faktor ini sangat penting karena dalam kompetisi penilaian dilakukan dari luar mobil. Ambil contoh, standar European Mobile Media Association (EMMA) dengan sistem penjuriannya dilakukan dengan jarak 5 meter dari bagian terluar mobil.

Sementara 'bagus' disini diartikan untuk kualitas suara yang dihasilkan harus bagus dan bersih. Nah.!! Disinilah unsur Sound Quality (SQ) berperan besar. Dan yang tak kalah penting adalah 'seimbang', berarti produksi suara bukan hanya seperti kabar yang beredar di masyarakat. Tetapi setiap perangkat baik tweeter, mid maupun subwoofer tidak harus mengeluarkan suara yang sama kencang dan sama bagus tetapi juga harus tetap seimbang atau proporsional.

Bagaimana, apakah anda sedikit terbuka dengan pencerahan tersebut ???

 

Text/foto : riyan/riyan-Doc Mobiltronik

Tags Under: Rubrik Modifikasi

Back to Top