Review Mobil : Nissan New Grand Livina 1.5 SV M/T

Posted: 13 June 2011 Viewed 51,679 times

Bagi sebagian besar auto lovers, punya mobil baru bagaikan mimpi. Selain harganya yang muuuuahaal, dan bikin jidat mengkerut. Belum lagi dengan harga BBM yang terus melambung tinggi. Apalagi jika mengiginkan mobil dengan keyamanan seperti sedan, tentu  saja pengorbanan yang dikeluarkan harus sebanding. Tapi persepsi itu bisa terbantahkan dengan adanya sebuah MPV 7-seater Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T.

Nissan Grand Livina memang bukan barang baru lagi di Indonesia. Tetapi tahukah anda,  bahwa PT Nissan Motor Indonesia (PT.NMI) memiliki sebuah MPV 7-seater yang kompak, nyaman, desain  menarik (ekterior maupun interior), kaya akan fitur dan tentunya dengan harga yang murah. Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T agaknya patut diperhitungkan.

Pemangkasan harga bukan berarti mobil ini menjadi sangat biasa saja. Terbukti fitur car-entertaiment mobil ini yang disematkan ke dalam kabin tetap mempunyai nilai. Hanya dengan Rp.169.500.000 On The Road, anda dapat membawa pulang mobil kompak yang satu ini.

Eksterior

Sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok yang memperlihatkan tampilan Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T dengan varian yang lainnya dalam urusan tampilan.

Memandang tampangnya, memang akan membuat mata susah berpaling. Padangan bemper dan grill baru dengan garis-garis melintang horizontal yang dikelilingi lapisan krom dan velg terbaru, memberikan kesan elegan pada Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T.

Interior

Sementara masuk kedalam kabinnya, nuansa hitam menjadi sangat kental, tersemat pada setiap detail interior Grand Livina ini, baik jok, dashboard sampai ke doortrim. Mobil MPV 7 penumpang ini seolah menjadi lebih dewasa dengan tampilan serba hitam. Begitu juga terdapat kain pelapis jok yang berbeda dari sebelumnya yang kini terlihat lebih mewah.

Untuk posisi pengemudi terbilang nyaman untuk mengendarai Nissan Grand Livina ini. Pengemudi dapat menjangkau dengan mudah untuk panel – panel yang ada di dashboard maupun doortrim. Dengan kaca depan yang landai, pengemudi dapat melihat pandangan ke depan lebih leluasa.

Kenyamanan juga bisa didapat di kabin penumpang tengah, karena luasnya jarak antara bangku tengah dan depan. Penumpang tidak perlu takut kepanasan karena terdapat tempat keluarnya A/C untuk penumpang belakang yang terletak di konsol tengah. Apalagi dengan adanya Head Unit dari JVC yang bisa membaca piringan DVD dan dilengkapi dengan monitor yang terletak di bagian atas antara jok depan yang bisa membuat penumpang semakin nyaman. Untuk fitur yang dimiliki Nissan Grand Livina SV ini bisa terbilang cukup.  Karena fitur ini menjadi fitur standar dari Nissan Grand Livina SV.

Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T bisa memuat barang yang banyak. Hanya dengan menidurkan jok yang paling belakang, barang – barang pun bisa masuk dengan jumlah yang banyak.

Performa

Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T ini mengusung mesin 1.5l 4 silinder segaris, 16 valve, DOHC dan CVTC (Continuous Variable Valve Timing Control) dengan transmisi manual 5-percepatan. Mobil yang cukup responsif ini mampu menyemburkan tenaga hingga 109 PS pada 6000 rpm.

Meskipun dibekali mesin yang cukup responsif, mobil ini bisa masuk dalam kategori irit. Dari catatan yang pernah ada, mobil ini mampu mengkonsumsi 1 liter bensin dengan menempuh jarak 12,3 km untuk dalam kota. Sedangkan untuk jalan bebas hambatan ataupun perjalanan keluar kota, mobil ini mampu mengkonsumsi 1 liter untuk jarak 15,7 km.

Dalam hal handling, Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T cukup nyaman untuk dikemudikan. Jika diajak bermauver, mobil ini sangat mudah dikendalikan dengan didukung ukuran velg 15 inchi dan ban berprofil 185/65. Malah tergolong lincah untuk sebuah mobil MPV. Begitu juga saat dipacu pada kecepatan tinggi, tidak ada kesulitan berarti saat mengendalikannya.

Hadirnya Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T tidak bisa dianggap sebelah mata oleh para pesaingnya. Dengan harga yang sangat bersaing diantara para pesaingnya seperti Toyota Kijang Innova dan Honda Freed, Nissan sepertinya percaya diri dengan Grand Livina terbaru ini.

Teks/edit/foto : riyan/niel/riyan

Tags Under: Car Review

Back to Top