Merry Chrismas & Happy New Year 2015

Raminten - Waroeng Nyeleneh di Yogyakarta

Posted: 5 January 2012 Viewed 12,425 times

BosMobil.com - Raminten, namanya memang kental dengan unsur Jawa Tengah. Tapi siapa kira, inilah rumah makan yang menyajikan tema cukup 'nyeleneh'.

Waroeng of Raminten, begitu rumah makan ini disebut. Berada di Jl. Kaliurang KM 15,5, Yogyakarta, rumah makan ini merupakan kepunyaan dari Hamzah yang tak lain pemilik group Mirota yang satu diantaranya yakni toko batik terkenal di Jl. Malioboro, Yogyakarta.

Raminten merupakan cafe berkonsep angkringan. Bangunan rumah makan ini dibentuk mirip rumah tua dengan bahan dasar kayu plus lampu-lampu gantung kuno. Hampir tidak ada meja atau kursi formal, tapi yang ada hanya meja berkaki rendah dengan kursi lesehan yang terbuat dari anyaman rotan.

Menu yang disajikan pun tak jauh berbeda dengan angkringan pinggir jalan. Ada Nasi Kucing, Ayam Goreng, Pecel Lele, Ikan Bakar, dengan minuman seperti Es Teh manis, aneka jus, atau wedang secang yang disajikan hangat.

Sisi nyeleneh lainnya dari Warong of Raminten akan Anda temu sesaat setelah masuk ke dalam rumah makan. Pada beberapa pilar bangunan rumah makan tersebut terpampang tulisan "Kami Ini Semua Lulusan 'SLB'Kalo Agak Lama Harap Maklum Karena Kami Kenthir". Tulisan itu bukan sekedar guyonan, tapi pelayanan di tempat ini memang lumayan makan waktu. Beruntung tim saat itu datang sudah larut malm, sehingga untuk memesan Ikan Bakar Gurame Pedas dengan Wedang Raminten plus Ice Cream Raminten, hanya butuh waktu sekitar 10 menit. Menurut beberapa penuturan teman, jika hari masih siang atau tepat pada jam makan sehingga pengunjung padat, pesanan bisa datang hingga 30 menit.

Buka pada pukul 10.00 dan tutup hingga jam 12 malam, Waroeng of Raminten juga memiliki pelayan yang nyeleneh. Cuma sedikit pelayan wanita yang kami temui, sisanya waitres laki-laki yang menggunakan baju ketat hitam dipadu sarung batik. Para pelayan laki-laki ini melayani dengan gemulai dan menjelaskan menu satu persatu dengan suara lemah lembut. Cara jalannya pun gemulai bak pragawati catwalk! Hehehe...

Penasaran bukan? Monggo mampir ke Waroeng of Raminten kalau Anda tengah berkunjung ke Yogyakarta. Tempat ini banyak dijadikan tujuan muda mudi Kota Bakpia itu untuk sekedar nongkrong. Apalgi ketika makan, Anda akan ditemani alunan lagu-lagu khas Jawa.

Pokoke manteb pisan laah ....

Teks/Foto: Prs/Stan

Tags Under: Auto News

Back to Top