Periksa Tekanan Angin Ban

Posted: 8 July 2011 Viewed 10,737 times

Ban merupakan bagian dari mobil yang melingkari velg yang mempunyai fungsi yang sangat penting pada saat mobil berjalan maupun pada saat pengereman. Maka dari itu, tekanan angin ban juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena tekanan angin juga menentukan keselamatan pengendara, maupun umur dari ban itu sendiri.

Tekanan Angin Ban

Banyak pengendara yang jarang memeriksa tekanan angin ban, maupun tidak sedikit juga yang menyepelekan. Akibatnya dapat membahayakan diri sendiri, dan juga orang lain. Padahal hanya butuh waktu sedikit untuk melakukan pemeriksaan tekanan angin maupun pada saat pengisian, karena di ruas jalan besar ataupun jalan kecil juga terdapat tempat pengisian angin ban.

Tekanan Angin BanMaka dari itu, BosMobil mengajak mulai dari sekarang untuk memeriksa tekanan angin ban demi keselamatan. BosMobil menganjurkan agar tekanan angin ban pada kendaraan anda selalu dalam batas normal. Biasanya untuk mobil seperti sedan, hatchback, mpv, dan sejenisnya dengan velg berukuran 14-16 inchi mempunyai ukuran standar tekanan angin ban sebesar 32-34 psi. Cara mudahnya adalah melihat petunjuk tekanan angin ban yang biasa ditempel di rangka pintu mobil masing-masing, ataupun di buku petunjuk. Tekanan angin ban juga tidak harus diperiksa tiap hari, bisa dilakukan setiap bulan.

Berkendara pada saat kekurangan tekanan angin ban tidak dianjurkan. Sebaiknya langsung buru-buru dibawa ke bengkel ban untuk segera ditambahkan tekanan anginnya. Karena berkendara pada saat kekurangan tekanan angin ban bisa membuat ban pecah terutama pada saat siang hari, karena  faktor cuaca yang panas. Selain itu tekanan angin yang kurang akan menyebabkan ban akan habis tidak merata di bagian sisinya.

Tekanan angin yang melampaui batas normal juga tidak Periksa Tekanan Angin Banakan dianjurkan. Banyak yang beranggapan bahwa tekanan angin ban berlebihan akan membuat mobil enteng untuk melaju, tetapi berbahaya saat memasuki tikungan akibat dari ban yang tidak semua permukaan menyentuh aspal. Selain itu, ban akan cepat habis di bagian tengah.

Bos, mulailah sekarang untuk memeriksa tekanan angin ban demi kenyamanan anda saat berkendara dan keawetan ban mobil anda.


Teks/gambar : niel/www

Tags Under: Rubrik Otomotif

Back to Top