Pakai Logo Garuda, Toyota Agya Tetap Bukan Mobnas Lho..!

Posted: 19 September 2012 Viewed 8,280 times

Jakarta, Bosmobil.com - Ada yang menarik dari kehadiran Toyota Agya dan Daihatsu Alya. Walau keduanya merupakan mobil lansiran Jepang, tapi tidak menggunakan logo khas Toyota maupun Daihatsu.

Toyota Agya menggunakan logo bergambar Burung Garuda dibagian depan menggantikan logo "T" yang biasanya selalu ada pada mobil-mobil Toyota. Tapi... perlu diingat, jangan lantas mengganggap Toyota Agya atau Daihatsu Alya adalah mobil nasional alias mobnas lho...!



Kira-kira begitu pesan Direktur Teknik PT Fin Komodo Teknologi Dewa Yuniadi. Berbeda dengan Komodo yang merupakan mobnas offroad buatan PT Fin Komodo Teknologi, katanya, Agya tetaplah mobil asing. "Selama mereknya masih milik asing tetap saja itu bukan produk dari Indonesia," papar Dewa kepada BosMobil.

Lebih lanjut ia menuturkan, berbeda dengan mobnas, meski Agya menghasilkan devisa lewat ekspor, dan membuka lapangan pekerjaan melalu ekspansi pabrik, tapi tetap saja keuntungan kembali kepada prinsipal. "Intinya pemasukan uang kembali lagi ke prinsipal, sementara kalau kami, kami yang prinsipal jadi uangnya akan kembali ke kami, jadi mutlak sebagai pemasukan negara. Nanti karyawan pabrik mereka kan bekerja buat asing, kalau karyawan kami bekerja buat Indonesia," lanjut dia.

Ia juga menyebutkan penggunaan logo tersebut harus dipahami sebagai strategi pemasaran Toyota semata. "Namanya juga bisnis, nanti kalau rakyat tidak setuju juga jadi diributkan. Yang jelas kalau masih merek asing yang bukan punya Indonesia," tukas Dewa.


Teks/Foto : Prs/Stanly

Tags Under: Auto News

Back to Top