Modifikasi Honda Jazz SQL : Posisikan 2 Speaker 3-Way

Posted: 6 May 2013 Viewed 9,714 times

Tangerang, BosMobil.com - Mangaplikasikan speaker 3-way di bagian depan dan belakang merupakan faktor utama pada Honda Jazz dalam menyabet gelar jawara di kontes SQL Open Class By Venom beberapa waktu lalu.

Honda Jazz Modifikasi SQL

Rasa puas dirasakan oleh Erlin, sang owner Honda Jazz ini meskipun masih newbie dalam dunia modifikasi audio. Namun prestasi yang terukir pada mobilnya merupakan pembuktian sistem audio miliknya benar-benar mumpuni. “Awalnya sih gue ragu ikut kontes, tapi kayaknya seru juga, jadi gue ikutin. Eh..gak taunya bisa menang, hehehehe,” ujar owner mobil.

Honda Jazz Modifikasi SQL

Andalkan Speaker 3-Way

Ramuan jitu kepada Honda Jazz dalam memenangkan kontes SQL ini adalah mengandalkan speaker 3-way di bagian depan dan belakang. “Karena dengan aplikasi ini, pembagian frekuensi lebih akurat,” tutur Ari dari Aries Car Audio.

Honda Jazz Modifikasi SQL

Detailnya, speaker depan dibuatkan dudukan custom sebagai tempat tweeter dan midrange, lalu arahnya dibuat langsung ke pengemudi agar suara bisa fokus di tengah dasboard. Sedangkan midbass tetap di posisi panel pintu, namun dioptimalkan dengan dilapis peredam untuk mengurangi kebocoran suara.

Honda Jazz Modifikasi SQL

Sedangkan speaker belakang dihadapkan langsung ke belakang, sehingga semburan suara bisa presisi. ”Karena penjurian SQL posisi juri dengar berada di belakang mobil, jadi dengan menggunakan speaker 3-way paparan suara bisa simetris dari seluruh frekuensi,” cetus Ari.

Honda Jazz Modifikasi SQL

2 Subwoofer, 3 Power

Sementara, penyembur suara frekuensi rendah pada sistem audio Honda Jazz mempercayakan kepada 2 unit subwoofer 12 inci, lalu dioptimalkan dengan boks berjenis ported agar gebukannya bisa padat dan konstan. “Volume boksnya 1,9 cu/ft tiap boks,” ujar Ari.

Honda Jazz Modifikasi SQL

Lalu, sokongan tenaga disesuaikan dengan banyaknya perangkat speaker. Hal itu dilakukan dengan meyematkan 3 unit power berbeda jenis. ”Dua unit power 4-channel untuk mensuplai speaker depan dan speaker belakang, sedangkan 1 unit power monoblok untuk mensuplai 2 unit subwoofer dengan cara di-bridge,” tambah Ari.

Honda Jazz Modifikasi SQL

Kemudian, untuk mengakali stabilitas arus yang disuplai power kepada tiap speaker digunakan 2 unit capasitor bank. “Agar arusnya tetap stabil, hal ini berguna ketika volume di geber terus-menerus kemampuan speaker tetap prima, tidak ngoyo,” tutup Ari.

Honda Jazz Modifikasi SQL

Spesifikasi
Head Unit : Pioneer AVH-P8450BT
Speaker : Venom VX6SII + Venom VI3M (front), Venom Intelligent 3-Way (rear)
Subwoofer : Venom VX5012
Power : Venom PS80.4 (2 pcs), Venom VD2600SII
Kabel RCA & Speaker : Synergy Syncronice
Peredam : Checkmat
Capasitor Bank : Venom

Rumah Modifikasi : Aries Car Audio, Bintaro, Tangerang

 

Teks/edit/foto : gunawan/daniel/gunawan

Tags Under: Audio

Back to Top