Modifikasi Honda Civic Wonder : Kencang Dengan Tampilan Standar

Posted: 19 February 2013 Viewed 18,117 times

Jakarta, BosMobil.com - Kecintaan akan balap memang tak bisa dipisahkan dari Ronald Sumendap. ‘Pengen yang kenceng, tapi tampilan tetap standar’, dibuktikannya dengan Honda Civic Wonder yang telah di-modifikasi khusus untuk balap.

Modifikasi Honda Civic

Berawal ketika melihat mobil Honda Civic berkode SB3 milik tetanggnya yang sering didorong melewati depan rumahnya, Ronald memutuskan untuk mengadopsi mobil tersebut. Setelah memilikinya, maka beberapa modifikasi pun segera dilakukan untuk mendongkrak performa dari mobil yang sering disebut ‘Civic Wonder’ ini.

Modifikasi Honda Civic

Langkah awal untuk mendongkrak performa yaitu mengganti mesin standar Honda Civic Wonder dengan mesin B18B dari Honda Integra. “Karena ketika beli mobil ini sudah langsung mendapat dua mesin. Kebetulan salah satunya mesin B18B, jadi tak perlu repot lagi untuk beli mesin,” jelas Ronald.

Modifikasi Honda Civic

Ronald memutuskan menggunakan turbo untuk mendongkrak performanya yang dipilih dari merek Garrett M24. Maka dari itu, jeroan B18B pun diganti, seperti piston kompresi rendah berikut setang dari Mugen, camsfhast dan cam gear TODA RACING, dan lainnya. Sementara pengapian ditunjang dengan penggunaan koil Crane Cams, serta busi NGK Iriway.

Modifikasi Honda Civic

Kelar urusan mesin, beralih ke bagian electronic control unit (ECU). Untuk yang satu ini, Ronald menggunakan standalone berlabel MoTeC M4 yang dirasa sudah cukup memenuhi kebutuhan mesin. Tidak lupa supaya tidak ‘haus’, saluran bensin diperkuat dengan fuel pressure regulator Malpasi.

Modifikasi Honda Civic

Tenaga yang sudah besar tersebut disalurkan melalui gearbox close ratio dari Mugen berikut kopling triple clutch. Agar tidak tenaga terbuang sia-sia, kaki-kaki juga diperkuat dengan penggunaan velg Racing Hart CP-035 berikut ban Yokohama Advan Neova, serta rem bawaan Honda Integra.

Modifikasi Honda Civic

Hasil modifikasi yang dilakukan Ronald ternyata tak sia-sia. Honda Civic Wonder yang memang khusus untuk balap ini berhasil mencatatkan waktu 13,1 detik di arena drag race dan pernah meraih juara. Dan kini Ia sedang mempersiapkan Honda Civic Wonder nya untuk bertempur di arena drag race tahun ini.

Modifikasi Honda Civic

Tampilan Standar..dar..dar..

Modifikasi Honda Civic

Tetap pada pendiriannya, itulah yang cocok untuk Ronald. Meskipun Honda Civic Wonder ini di-modifikasi untuk balap, tetapi bagian eksterior sengaja tidak terlalu banyak yang diubah untuk mengejar tampilan standar mobilnya. Hanya bemper depan yang di-custom serta spion dari BMW M40.

Modifikasi Honda Civic

Sedangkan pada interior Honda Civic Wonder berwarna putih ini, Ronald memasang rollbar 4 titik untuk faktor keamanan. Sementara jok RECARO Classic berikut seatbelt Sparco dan beberapa indikator dari Autometer menambah aura ‘mobil balap’ pada Honda Civic Wonder nya.

Modifikasi Honda Civic

Modifikasi Honda Civic

Modifikasi Honda Civic

Teks/edit/foto : angga/daniel/angga

Tags Under: PerformanceCar

Back to Top