Mercedes-Benz Tiger 280 (W123) 1979 : Cerminan Antusiasme Akan Mercy Klasik

Posted: 5 June 2012 Viewed 9,874 times

Jakarta, BosMobil.com - Masih ingatkah Anda dengan Mercedes-Benz 280S Keluaran 1974 dan Mercedes-Benz 280 (W114) keluaran 1976 milik Haryo Girisagoro Bashirun Alim yang pernah kami tayangkan sekitar awal April dan akhir Mei 2012 silam?

Nah...rupanya pria ramah yang sebentar lagi akan segera menjadi seorang bapak ini masih memiliki satu unit Mercy yang menjadi salah satu koleksi kebanggaannya, yakni Mercedes-Benz Tiger 280 (W123) keluaran 1979.

Mercedes-Benz Tiger 280 (W123)

Mercedes-Benz Tiger 280 (W123)

Sekedar catatan, melalui Mercy Tiger berkelir coklat muda inilah dirinya tergabung di Mercedes-Benz Tiger Club Indonesia. Sementara jika ditilik dari riwayatnya, sedan empat pintu bertransmisi otomatis ini pertama kali ditemukan Giri pada sekitar tahun 1994. Kala itu, mobil yang diboyong langsung dari Jerman ini sedang ditawarkan di sebuah showroom mobil bekas di seputaran Pecenongan, Jakarta Pusat.

Mercedes-Benz Tiger 280 (W123)

Karena kondisinya yang bisa dikatakan 90 % mulus luar-dalam, maka sempat terbersit pertanyaan dibenak Giri tentang asal-usul mobil berlogo Three-Pointed Star ini. Usut punya usut, sedan empat pintu ini ternyata pernah bertugas sebagai kendaraan operasional Kedutaan Arab Saudi di Indonesia, sebelum akhirnya dilego.

Mercedes-Benz Tiger 280 (W123)

Walaupun tampak begitu mulus, namun Giri berhasil menemukan beberapa kerusakan yang tentunya perlu pembenahan. Tercatat hingga saat ini, penggantian di sektor kelistrikan mencakup accu, alternator, dan dinamo starter, ditambah tie rod, long tie rod, dan suspensi pada sektor kaki-kakinya. Sementara demi meningkatkan performa mesinnya, maka Giri cukup menancapkan sistem gas buang custom berbahan galvanis dan intake manifold copotan dari Mercy 280E.

Mercedes-Benz Tiger 280 (W123)

Sebagai pemanis, satu set bumper orisinil Mercy Tiger yang diproduksi di Amerika Serikat, ban model white stripe, dan antena radio rig pun menghiasi eksterior sang sedan bernopol B 77 SK ini. Namun masih ada satu aksesoris lain yang ditambahkan Giri pada sektor interior, yang kemudian menjadi ciri khas mobil koleksinya. Di setiap bagian dalam kaca belakang mobil koleksinya, Giri selalu menambahkan sebuah tirai kaca.

Mercedes-Benz Tiger 280 (W123)

Wah...cakep euy mobilnya boss! Dirawat terus ya, biar terus kinclong. Hehehehe....

 

Teks/foto : AEL

Tags Under: Classic Corner

Back to Top