Menyibak Interior Honda Mobilio

Posted: 11 October 2013 Viewed 27,012 times

BosMobil - Setelah membahasa masalah eksterior tempo hari, giliran mengintip bagian dalam dari Honda Mobilio yang katanya menawarkan kelapangan dan kesan berkelas dengan konsep utama prime comfort bagi para penumpangnya.

Begitu membuka pintu tatanan dasboard terlihat cukup fungsional, dan suka tidak suka interior pun mengadopsi format dari Honda Brio. Mulai dari kisi-kisi AC dengan desain bulat sampai tatanan consule tengahnya. Hanya saja Mobilio menawarkan konsep ergonomis yang memudahkan pengendaranya dengan tombol audio pada gagang kemudi.

Nuansa kabin memiliki ambience warm dengan permainan dua warna hitam pada dashboard dan beige pada jok sampai sisi doortrimnya. Dari gambar ini pun sudah samar terlihat mengenai tingkat kelapangan kabin pada baris pertama. Mungkin ini garis besar dari konsep‘Man Maximum, Machine Minimum’ yang dipertahnkan Honda yang mana kualitas menjadi elemen penting dalam desain interior untuk mengedepankan kenyamanan untuk semua penumpang.

Desain jok pada baris pertama mengusung unsur sporty yang berbalut kenyamanan. Hal ini dibuat untuk memberikan efek fun to drive untuk pengemudi ketika berkendara sehingga tak mudah merasa lelah. Masuk pada baris ke-2, lagi-lagi sudah ditersaji ruang lapang yang menimbulkan kesan kenyamanan bagi penumpangnya. Desian joknya terasa begitu nyaman dengan lekukan yang mengikuti kontur badan ketika menjadi penumpang. Baik dari legroom, knee clearance sampai foot clearance tergambarkan dengan baik pada Mobilio Prototype ini.

Jok pada baris ke-2 ini bisa difungsikan lagi untuk memberikan tingkat kelapangan yang maksimum dengan konfigurasi 60/40 Split Fold & Tumble. Sedangkan pada baris ke-3 Honda Mobilio  rasanya tak begitu berbeda jauh dengan ara rivalnya, masih cukup nyaman untuk menampun seukuran anak-anak atau 1 penumpang dewasa. Mau mendapatkan ruang bagasi yang lebih luas untuk membawa barang yang lebih banyak tinggal lipat bangku baris ke-3 dengan konfigurasi 50/50 Fold Down. Fasilitas AC double blower pun telah dihadirkan untuk menunjang kenyamanan penumpang dari baris ke-2 sampai ke-3 yang ditempatkan antara baris pertama dan ke-2 dengan penyebaran secara luas kesemua sisi kabin.

Dimensi yang dihasilkan dari riset Honda membuat Mobilio memiliki ukuran ideal sebesar 4,39 meter dengan wheel-base sepanjang 2.650 mm dan didukung Ground clearance sebesar 185mm ditambah lagi dengan radius putar yang hanya 5.2 meter, Honda mengklaim Mobilio memiliki tingkat manuver sekaligus stabilitas yang baik juga nyamanan ketika melibas berbagai kondisi jalan yang ada di Indonesia.

Masuk kesektor mesin, meski belum menjajal secara langsung namun kriteria mesin Honda Mobilio yang mengusung teknologi i-VTEC SOHC 1.5 liter, 16 valve, 4 silinder turut diklaim mampu menghadirkan tenaga maksimum sebesar 118 PS pada putaran mesin 6.600, sementara torsinya sebesar 14,4 Nm pada putaran mesin 4.800, berbanding tips dengan Honda Jazz.  Dibandrol dengan rentan harga Rp 150 - 180 jutaan, Honda menyajikan Mobilio dengan dua pilihan transmisi CVT dan 5 percepatan manual.

Bicara masalah keselamatan, rasanya untuk semua lini produk Honda sudah cukup katam hingga menjadikan prioritas utama dalam standarisasi dari semua line-upnya. Untuk Mobilio sendiri Honda tak tanggung-tanggung untuk mmengaplikasikan sejumlah fitur keselamtan untuk pengendara dan penumpangnya, bahkan bisa dibilang sedikit melihi para rival yang ada. Mulai dari sistem pengereman ABS + EBD (tipe CVT), Dual Front SRS Airbags, Pretensioner Seatbelt with Load Limiter, Impact Mitigating Headrest, serta Pedestrian Protection. Belum lagi dengan teknologi rangka G-CON (G-Force Control Technology) dan struktur bodi ACE-nya.

Kesimpulan

Seperti diketahui, Honda Mobilio merupakan kandidat utama Honda yang turun sebagai mobil low MPV. Tampilan desain yang benar-benar fresh dari kebanyakan low MPV di Indonesia menjadi daya pikatnya, selain dari sisi kenyamanan ruang kabin, mesin dan keselamatan yang baru telah dibahas diatas, tak heran bila nama Mobilio pun langsung naik drastis meski baru pertama kali dikenalkan di dunia pada ajang IIMS 2013 kemarin. Intinya adalah, peta persaingan di pasar low MPV dijamin makin panas dengan kehadiran Mobilio. Untuk Avanza, Xenia, Spin sampai Ertiga akan kembali mendapat perlawanan sengit dari Honda.

teks/foto: stanly

Tags Under: Rubrik Otomotif

Back to Top