Mengenal Senyawa Bernama Freon Untuk AC Mobil

Posted: 14 January 2013 Viewed 4,921 times

BosMobil.com - Jika AC dirasakan kurang dingin, mungkin biasanya kita langsung berpikir untuk segera mengganti Freon. Terdengar sederhana memang. Bahkan saat ini, ada banyak Freon yang beredar di pasaran dengan harga yang juga bervariasi. Mulai dari yang mahal hingga yang murah. Lantas, Freon manakah yang cocok untuk mobil?

Freon AC Mobil

Umumnya, mobil menggunakan Freon R12 dan R134a. Kedua senyawa ini memiliki sifat yang sama yaitu stabil untuk membawa panas dan tidak mudah terbakar. Selain itu, Freon juga memiliki karakteristik tidak berbau tidak beracun dan tidak bersifat korosif. Namun, sejak penemuan lubang ozon yang diakibatkan oleh penggunaan Freon R12, maka sekarang ini mobil sudah tidak menggunakan Freon jenis tersebut.

Dengan pelarangan penggunaan Freon R12, hampir semua perusahaan otomotif harus menggantinya dengan Freon R134a. Diyakini Freon R134a lebih ramah lingkungan meski memiliki sifat yang sama dengan Freon R12.

Freon AC Mobil

Nah, apa jadinya jika mobil tidak menggunakan Freon yang ditentukan? Akibat yang akan terjadi adalah kerusakan pada kompresor dan selang selang AC. Untuk menghindarinya, sudah tentu harus menggunakan Freon yang ditentukan. Nah, supaya bisa mengetahui Freon yang akan digunakan, bisa diperiksa dengan alat bernama Refrigerant Identifier. Alat ini biasanya sudah ada di beberapa bengkel AC.

 

Teks/edit/foto : adi/daniel/www

Tags Under: Rubrik Otomotif

Back to Top