Hmm.. Mobil Turun Mesin, Apa Sich Penyebabnya?

Posted: 23 April 2013 Viewed 6,978 times

BosMobil.com - Turun Mesin atau overhaul masih menjadi momok menakutkan bagi pemilik kendaraan. Hal ini karena biaya yang dikeluarkan muahal, hanya untuk Turun Mesin saja tanpa penggantian part sudah dikenakan biaya ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Turun Mesin

Namun Turun Mesin tak terjadi begitu saja, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Umumnya, turun mesin terjadi akibat keausan atau kerusakan pada komponen mesin seperti bearing, piston, metal, seputaran block cylinder, overheat dan lainnya.

Faktor Usia

Menurut Alan, punggawa bengkel Sky2ner, mobil-mobil yang lahir beberapa tahun belakangan ini cenderung mudah mengalami keausan. “Onderdil mobil sekarang rata-rata berumur 5 tahun, kadar bahan pada komponen mesin kurang bagus dan kerap kali mengalami keausan bila umurnya sudah 5 tahun keatas,” ucap Alan.

Hal tersebut harus diperhatikan pemilik mobil yang sudah berusia 5 tahun keatas, perawatan ekstra berkala, pemilihan komponen serta sejumlah cairan pendukung laju kendaraan haruslah bener-benar diperhatikan bila mobil ingin lebih awet.

Turun Mesin

Faktor Kelalaian

Diluar faktor umur diatas, kelalaian si pemilik mobil dalam melakukan perawatan rutin juga dapat menyebabkan Turun Mesin. Sejatinya mobil adalah istri pertama atau kedua memang tak salah, si pemilik mobil harus paham dan apa masalah serta yang diinginkan si mobil.

“Servis rutin wajib tak boleh terlewat, kemudian pilihlah oli sesuai rekomendasi terpercaya, selanjutnya perhatikan kondisi radiator dan komponen lain yang bisa menyebabkan overheat,” tutup Alan.

 

Teks/edit/foto : riyan/daniel/riyan

Tags Under: Rubrik Otomotif

Back to Top