First Drive All New Nissan Grand Livina : Adu Irit Di Sirkuit

Posted: 21 May 2013 Viewed 6,585 times

Jawa Barat, BosMobil.com - All New Nissan Grand Livina resmi diperkenalkan kepada awak media hari ini (21/05/2013). Mobil yang turut duduk di kelas MPV ini telah dipersenjatai dengan serangkaian fitur untuk memenangkan kompetisi di segmen pasar paling gemuk di Indonesia. Bagaimana penampilannya yang sesungguhnya? Berikut ulasan singkatnya.

All New Nissan Grand Livina

Lupakan mobil keluarga dengan tampilan yang sederhana di bagian eksteriornya. Karena All New Nissan Grand Livina memberikan sentuhan yang lumayan berbeda dengan kompetitornya. Bemper depan hadir dengan desain baru sehingga memberi kesan lebih lebar dan lebih sporty dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sementara itu, lekukan pada kap mesin dan alur udara pada sisi mobil juga memberikan aura aerodinamis mobil ini.

All New Nissan Grand Livina

All New Nissan Grand Livina

Nuansa cerah hadir di dalam kabin All New Nissan Grand Livina. Warna beige yang mendominasi menjadikan nuasa yang menyenangkan ke dalam kabin mobil ini. Sementara itu, dashboard All New Nissan Grand Livina kini dihadirkan dengan nuansa two tone memberikan suasana yang lebih ekslusif bagi para pengemudi maupun penumpangnya.

All New Nissan Grand Livina

All New Nissan Grand Livina

Sementara untuk mesin, Nissan menyematkan sebuah mesin baru dengan tentunya teknologi yang disempurnakan. Adalah HR15DE yang menjadi nyawa All New Nissan Grand Livina. Mesin ini telah menggunakan teknologi dual-injection dengan twin VTC dan Xtronic CVT. Dengan kombinasi ini, maka efisiensi bahan bakar dapat ditekan hingga 13 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

All New Nissan Grand Livina

Untuk membuktikannya, PT. Nissan Motor Indonesia pun memberikan kesempatan kepada awak media semua untuk mencoba adu irit All New Nissan Grand Livina di lintasan Sirkuit International Sentul, Bogor Jawa Barat. Tak mau ketinggalan, tim BosMobil.com pun langsung ambil bagian dengan menggunakan All New Nissan Grand Livina bertransmisi otomatis.

All New Nissan Grand Livina

Yah namanya juga adu irit, maka kami pun menjalankan mobil dengan kecepatan di bawah normal. Namun karena disalib hingga 2 mobil kami pun mulai menekan pedal gas agak dalam. Seketika putaran mesin pun meningkat, tenaga cukup responsif dengan perpindahan gigi yang halus.

Sampai pada lintasan yang dibuat zig-zag, kami pun melaluinya dengan manuver sedikit kasar, tetapi mobil pun masih dalam kendali. Ukuran ban yang diperbesar dibanding dengan generasi sebelumnya terasa masih menggigit aspal dengan baik.

All New Nissan Grand Livina

Setelah finish, kami mencatatkan angka konsumsi bahan bakar yaitu 1:19. Angka yang terbilang agak boros jika dibandingkan dengan rekan-rekan kami yang berhasil mencapai angka 1:25. Namun sekali lagi, pengujian ini tentu saja tidak dapat mewakili kondisi jalan raya yang sesungguhnya. Karena efisiensi bahan bakar juga turut ditentukan pada kondisi jalan dan gaya mengemudi.

 

Teks/edit/foto : adi/daniel/adi

Tags Under: Rubrik Otomotif

Back to Top