Dart Racing : Punggawa Bedah Datsun Di Timur Jakarta

Posted: 8 July 2013 Viewed 3,864 times

Jakarta, BosMobil.com - Mencari bengkel spesialis mobil klasik/retro itu memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi mencari bengkel yang sangat lihai menangani segala jenis mobil Datsun, namun dengan ongkos jasanya tak sampai membuat kantong bolong. Coba saja bengkel Dart Racing yang terletak di seputaran Duren Sawit, Jakarta Timur berikut ini.

Dart Racing

Cikal bakal berdirinya bengkel Dart Racing ini sebenarnya bermula di tahun 1981. Ketika itu, Sidarto. SA yang sangat cinta dengan Datsun mendirikan sebuah bengkel spesialis Datsun yang terletak di seputaran Rawamangun, Jakarta Timur. Namun sayangnya, pada 1984 bengkel ini akhirnya gulung tikar.

Dart Racing

Sempat vakum beberapa tahun setelah itu, hingga akhirnya sekitar tahun 2002, Sidarto a.k.a Darto ini mulai mendirikan sebuah bengkel spesialis Datsun dengan nama Dart Racing. Lokasinya sendiri saat itu masih menempati sebuah lahan di seputaran Jalan Kolonel Sugiono, Duren Sawit, Jakarta Timur. Sedangkan nama Dart Racing itu sendiri merupakan kependekan dari nama Sidarto.

Dart Racing

“Waktu di 2002, lokasi bengkel Dart Racing ini masih di Jalan Kolonel Sugiono, dan masih dikelola sama istri saya. Itu karena saya masih bekerja sebagai kepala mekanik di Nissan Motor Indonesia. Nah...baru di tahun 2004, Dart Racing resmi berdiri dan saya kelola sendiri,” ujar Sidarto. SA.

Dart Racing

Namun lantaran proyek pembangunan Banjir Kanal Timur (BKT) yang mulai berlangsung sekitar 2007, akhirnya di 2008 lokasi bengkel Dart Racing yang buka setiap hari ini berpindah ke sebuah lahan seluas 600 m2 di Jalan Basuki Rahmat, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Dart Racing

Sedangkan untuk urusan ongkos jasa, Darto enggan mematok ongkos jasa terlalu mahal. “Saya buka bengkel ini sebenarnya bukan untuk cari untung aja sih mas, tapi lebih ke cari teman. Makanya untuk body repair, ongkosnya hanya sekitar Rp. 17,5 juta. Itu sudah termasuk pengelasan dan pengecatan ya. Kalo untuk turun mesin sih ongkosnya standart aja ya, hampir sama seperti yang lain. Biasanya sekitar Rp. 2-2,5 jutaan. Tapi kalo modifikasi mesin, Rp. 5-7,5 jutaan,” tutur Darto.

Dart Racing

“Sedangkan untuk jasa perbaikan kaki-kaki, bisanya kami kenakan sekitar Rp. 5 jutaan sih. Itu belum termasuk spareparts-nya ya mas. Agak mahal sedikit karena mobil Datsun tua biasanya agak rumit pengerjaannya ya,” tambah Darto.

Dart Racing

Nah...cukup terjangkau, bukan? Konon, Dart Racing ini sanggup pula merestorasi mobil retro merk lain lho! Tapi untuk pastinya, silahkan saja Anda kontak nomor telepon Dart Racing yang tertera dibawah ini atau sambangi langsung lokasi bengkelnya.

Dart Racing

Selamat mencoba dan semoga cocok...!

Dart Racing
Owner : Sidarto. SA.
Address : Jalan Basuki Rahmat No. 14G, Duren Sawit, Jakarta Timur
Phone : 021-40000323 / 0811950200
Specialty : Body & Engine Repair For Datsun Cars

 

Teks/foto : endy

Tags Under: Rubrik Klasik

Back to Top