Berbagi Ilmu Melalui Kunjungan Pelajar IIMS 2013

Posted: 28 June 2013 Viewed 1,555 times

BosMobil.com -  Upaya memajukan dunia pendidikan Indonesia dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melibatkan siswa dalam kegiatan yang memotivasi mereka di bidang tertentu. Kepedulian dan konsistensi Indonesia International Motor Show (IIMS) dalam mengembangkan motivasi pelajar Indonesia dalam bidang otomotif pun terus dipupuk, caranya dengan kembali menggelar program kunjungan pelajar IIMS 2013.

IIMS 2013

Program yang telah digalang sejak tahun lalu ini menunjukan dukungan IIMS 2013 terhadap kemajuan pendidikan generasi penerus Indonesia khususnya dalam dunia edukasi otomotif, Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2013 mengungkapkan bahwa program kunjungan pelajar merupakan salah satu agenda sosial yang rutin dijalankan pada setiap perhelatan IIMS karena bertujuan tak hanya sekadar memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang otomotif, namun juga memberikan motivasi kepada mereka untuk terjun ke dunia otomotif Indonesia kelak. “Pertumbuhan industri otomotif di Indonesia semakin memacu pelaku industri untuk mengoptimalkan potensi dalam negeri, khususnya dalam hal produksi kendaraan. Hal ini berlaku pula pada kebutuhan sumber daya manusia yang handal untuk menjalankan dan mengembangkan berbagai teknologi industri otomotif agar bisa bersaing di dunia internasional. Oleh karena itulah, kita perlu mempersiapkan sejak dini para pelajar-pelajar yang nantinya akan menjadi penerus industri otomotif,” tutur Johnny.

Libatkan Pelajar Berprestasi

Program kunjungan pelajar IIMS 2013 akan mengajak beberapa sekolah kejuruan di Jakarta dan sekitarnya untuk mengunjungi pabrik Agen Pemegang Merek (APM) peserta IIMS 2013. Rencananya tahun ini, ada lima APM yang akan menjadi tempat kunjungan pelajar antara lain pabrikan Astra Daihatsu Motor, Chevrolet, Hino, Isuzu dan Mitsubishi.  Selain itu, direncanakan beberapa APM yang juga akan menyumbangkan alat peraga/mesin untuk dijadikan bahan praktik di sekolah kejuruan yang ada.

“Dari program kunjungan pelajar IIMS di tahun sebelumnya, kami mendapatkan tanggapan positif dari para pihak sekolah maupun APM yang terlibat. Antusias pelajar mengikuti program ini terlihat dari berbagai pertanyaan yang mereka ajukan termasuk pada saat menyaksikan secara langsung proses produksi mobil yang dilakukan menggunakan mesin-mesin canggih dan tenaga manusia yang terampil dan ahli,” kata Abiyoso Wietono, Manajer Divisi Otomotif Dyandra Promosindo. Oleh karena itu panitia pada tahun ini berusaha memperlebar cakupan sekolah yang akan mendapatkan kesempatan memperoleh edukasi dan pengalaman dari IIMS 2013. Mulai tahun ini, panita IIMS juga akan mengadakan progam Kunjungan Pelajar Nusantara, dimana IIMS 2013 akan memberikan kesempatan kepada pelajar-pelajar sekolah kejuruan di luar Jakarta yang berprestasi untuk bisa mengunjungi pameran IIMS 2013, dimana mereka selain dapat menikmati pameran beragam mobil dengan teknologi terkini, mereka  dapat juga mengikuti berbagai program berbagi informasi berkaitan dengan dunia otomotif, yang akan dilakukan oleh para pesera IIMS 2013.

Selain program edukasi yang dipersiapkan IIMS 2013 bagi para pelajar sekolah kejuruan berprestasi, panitia juga mengundang 500 pelajar dari berbagai sekolah, baik sekolah negeri, swasta hingga sekolah internasional untuk mengunjungi arena IIMS 2013 pada program Student Day, yang akan berlangsung pada 26 September 2013.

Melalui program sosial tersebut, para pelajar diharapkan juga bisa mempelajari lebih jauh perkembangan industri otomotif tanah air, dimana hal tersebut dapat dilihat dari  semakin bertambah nya skala penyelenggaraan pameran IIMS tahun ini. Dalam hal luas area pameran, IIMS tahun ini lebih besar menjadi 75.000 m2 dibandingkan tahun lalu seluas 70.000 m2 . Tahun ini pun, panita juga menambahkan satu area semi-permanent hall menjadi total 5 area semi-permanent hall yang diperuntukkan khusus untuk industri pendukung otomotif Indonesia.

Selain itu, berbagai mobil yang akan dipamerkan oleh 37 brand APM pada pameran IIMS diharapkan bisa menarik antusias para pelajar serta masyarakat umum mulai dari passenger cars seperti Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Dodge, Daihatsu, Datsun, Ford, Honda, Hyundai, Jaguar, Jeep, KIA, Landrover, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Peugeot, Proton, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW, serta dari jajaran commercial vehicles ada Dyna, FAW, Foton, Fuso, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Tata Motors, dan UD Trucks.

 

Sumber : dyandra

Tags Under: Auto News

Back to Top