Mazda 1200 Coupe 1972 : Terpikat Oleh Bokong Klasiknya

30

BosMobil.com – Selera itu relatif, dan setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Termasuk di dunia mobil klasik dan mobil retro. Berbagai alasan melandasi seseorang untuk mengkoleksi mobil klasik ataupun mobil retro. Bukti nyatanya mungkin bisa terlihat pada Mazda 1200 Coupe yang dikoleksi oleh seorang pria bernama Agus Ari Seno berikut ini.

Lekuk bodi belakangnya yang melandai dan desain bodi yang secara keseluruhan terkesan sangat klasik membuat Agus jatuh cinta dengan sosok sebuah Mazda 1200 Coupe jebolan 1972 ini. Nah…lantas bagaimana kisahnya ya hingga Agus bisa mendapatkan Mazda 1200 Coupe ini?

31

17

Cerita bermula sekitar 2 tahun yang lalu. Ketika itu secara tak sengaja Agus mendapatkan informasi bahwa di daerah Bekasi, Jawa Barat, ada seorang pria yang ingin menjual sebuah mobil Mazda tua. Saat itu Agus belum mengetahui Mazda apakah itu. Namun setelah ditelusuri, ternyata Mazda tua itu adalah Mazda 1200 Coupe yang populasinya sangat sedikit di Tanah Air.

19

23-tile

Untungnya, ketika itu kondisi Mazda 1200 Coupe yang diproduksi antara tahun 1967 hingga 1977 ini tergolong masih cukup baik dan kokoh. Tak ada keropos sedikitpun yang menjangkiti eksterior Mazda 1200 Coupe ini. Bahkan emblem bertuliskan “1200 Coupe” pada bagasinya pun masih berada diposisinya dan terdeteksi original. Namun sayangnya, cat eksterior Mazda 1200 Coupe ini ketika itu tampak sudah mulai pudar, grille rusak cukup parah, dan lampu belakangnya pun sudah bukan aslinya.

29

18

Untuk mengatasi masalah ini, Agus segera melapis ulang eksterior Mazda 1200 Coupe ini dengan cat berkelir ‘classic white’ yang sesuai dengan warna originalnya. Sementara untuk grill dan lampu belakangnya, terpaksa Agus harus mengimportnya dari Australia dan Malaysia.

24

22

“Saya mendapatkan mobil ini di daerah Bekasi sekitar 2 tahun yang lalu dan dalam kondisi baik. Hampir tidak ada kekurangan yang berarti. Saya hanya kerok bodi karena catnya sudah pudar dan ganti lampu belakang sama grille. Dulu lampu belakangnya pake lampu motor dan grille-nya juga udah rusak. Jadi untuk lampu belakang saya kembalikan seperti aslinya. Saya beli dari Australia. Sedangkan untuk grille-nya waktu itu saya beli dari Malaysia,” cerita Agus.

04

20

10

Agak sedikit berbeda dengan interiornya. Saat pertama kali dibeli, interior Mazda 1200 Coupe ini sebenarnya berkondisi cukup baik. Jok, dashboard, dan handle pintu masih teridentifikasi original. Namun karena oleh pemilik sebelumnya Mazda 1200 Coupe ini dijadikan sebagai mobil harian, maka kabin mobil retro berdarah Jepang ini sudah dilengkapi dengan pendingin udara alias AC.

06-tile

08

Yang cukup disayangkan juga, pelapis jok sudah tidak layak pakai dan panel-panel interiornya pun kebanyakan sudah tidak original lagi. Contohnya saja shift knob dan setir kemudi yang sudah menggunakan milik mobil lain. “Interior yang bagus itu dashboard dan jok masih asli. Tapi jok udah pasti gak bagus pelapisnya. Kan mobil ini tuh mobil daily lho mas. Jadi wajar lah kalo berantakan. Akhirnya jok saya bungkus ulang aja. Terus kalo setirnya, waktu itu saya gak tahu pake setir apa. Yang jelas udah gak asli. Nah, untuk setir, jujur saya belum nemu yang aslinya. Jadi untuk sementara, saya pake setir kayu merk Nardi ini,” tutur Agus kepada BosMobil.com.

05

09

Lantas supaya nuansa lawas makin terasa pada kabin Mazda 1200 Coupe ini, Agus melapis ulang bagian jok dengan pelapis non-original, namun dengan corak dan warna yang mirip aslinya. Sedangkan untuk setir kemudinya, untuk sementara ini mengadopsi setir kemudi berlabel Nardi lantaran sulitnya mendapatkan setir kemudi original Mazda 1200 Coupe.

25

Sedikit melegakan hati ketika beralih ke bagian kaki-kaki. Agus menuturkan bahwa untuk merestorasi bagian ini, dirinya tak banyak melakukan perbaikan dikarenakan memang kondisi kaki-kaki Mazda 1200 Coupe ini terbilang sangat baik untuk ukuran mobil berusia lebih dari 40 tahun dan dipakai harian. Bahkan hampir setiap komponennya masih original, termasuk velgnya.

21

Jadi…supaya nantinya nyaman dikemudikan, keempat suspensi Mazda 1200 Coupe ini diganti baru buatan Jepang tapi non- original. Ditambah lagi dengan pengaplikasian ‘wheel dof’ supaya terkesan klasik dan original. “Kondisi kaki-kaki mobil ini masih cukup bagus. Tapi saya kalo bangun mobil, pasti keempat sokbrekernya saya ganti baru semua mas. Karena sudah pasti gak karuan lah. Hehehehehe…….. Untuk sokbrekernya saya pake yang buatan Jepang,” jelas Agus dengan semangat.

16

26

Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, Mazda 1200 Coupe ini dulunya adalah mobil harian. Jadi wajar saja jika saat pertama dibeli oleh Agus, kondisi mesin Mazda 1200 Coupe yang berkonfigurasi 4 silinder 1.200 cc ini cukup baik dan berfungsi normal.

13

15

“Sejak pertama beli, mesin mobil ini masih bagus kok. Jadi saya cuma ganti filter bensin sama tune up aja. Dan mesin juga belum pernah saya bongkar juga. Toh mobil ini mobil harian dan masih enak kok dipakainya,” tutup Agus.

01

28

Tak membutuhkan waktu yang lama, hanya dalam rentang waktu sekitar 16 minggu, restorasi Mazda 1200 Coupe ini berhasil dirampungkan oleh Agus. Mantaaaaaapppp….!

 

Comments

Situs berita otomotif dan modifikasi khusus mobil yang disajikan begitu special dan ekslusif

Subscribe via Email

Enter your email address to subscribe and receive notifications of new posts by email.