Mazda 929 (LA3) 1976 : And So This Is The Story Of Olive…

21.jpg

BosMobil.com – Di kehidupan sehari-hari, terkadang sebuah keinginan itu tak selamanya bisa selalu terwujud. Tapi dengan adanya niat dan usaha, maka peluang seseorang untuk mendapatkan keinginannya itu akan menjadi lebih besar. Nampaknya, motivasi itu juga yang melandasi Irvan Gunawan saat sebelum dirinya mendapatkan Mazda 929 lansiran 1976 berikut ini.

Sekitar 2011 yang lalu, timbullah sebuah keinginan dibenak Irvan untuk memiliki sebuah Mazda retro yang tampangnya menarik dan berbeda dari kebanyakan orang. Dengan begitu dirinya bisa ‘showoff’ mobilnya di depan orang-orang. Berbekal keinginan kuat itu, maka langsung saja Irvan melancarkan perburuannya akan sosok Mazda retro itu ke segala tempat dan dengan berbagai cara.

images

Hanya dalam hitungan bulan, akhirnya Irvan berhasil menemukan Mazda 929 berkelir hijau metalik ini. Sayangnya, kala itu sang pemilik masih enggan menjual Mazda 929 ini kepada Irvan. Tapi lantaran sudah terlanjur jatuh cinta, maka segala bujuk rayu pun dilancarkan Irvan demi mendapatkan Mazda 929 bernopol D 1117 RL ini. Berkat dukungan sang Dewi Fortuna, Irvan akhirnya sukses meminang Mazda 929 yang kemudian dijuluki ‘Olive’ ini.

images

Usut punya usut, rupanya pemilik sebelumnya Mazda 929 ini ketika itu tengah dirundung masalah finansial dan berniat menjual Mazda 929 berkode rangka LA3 ini. Tapi, sebelum membeli Si Olive ini, Irvan harus menjual Mazda 626 Interplay miliknya terlebih dahulu.

images

images

“Awalnya tuh gw tahu tentang Mazda 929 ini dari kenalan gw. Waktu itu di posting kalo mobil ini mau dijual. Nah, ya udah deh gw lakukan pendekatan. Malah sempet waktu itu pemilik sebelumnya dari Mazda 929 ini gw ajak juga ke acara Retromantic3. Tapi sialnya setelah dari Retromantic3 itu, mobil malah gak jadi dijual. Ya udah deh, waktu itu gw ngerasa pupus harapan gw buat dapetin mobil ini. Untungnya suatu waktu dia lagi kepepet masalah finansial. Akhirnya dijuallah mobil ini ke gw,” ujar Irvan saat diwawancara langsung oleh BosMobil.com.

images

images

Secara fisik, kondisi awal eksterior Mazda 929 ini cukup parah. List frame lampu depan sebelah kanan sudah hilang entah kemana dan grille pun sudah pecah sebelah. Untungnya yang sebelah kiri masih utuh. Akhirnya Irvan mengganti semuanya dengan yang baru. Cat eksterior yang kebetulan sudah berwarna hijau juga sudah pudar dibeberapa bagian. Mulai dari pintu, fender, hingga kap mesin. Keropos pun sudah menggerogoti bagian ‘lisplang’ kanan-kiri hingga membuat Irvan terpaksa memotongnya dan selanjutnya menambalnya dengan plat besi baru.

images

images

Lantas, supaya tampangnya terlihat mencolok dan sangar, Irvan melakukan sedikit modifikasi pada bagian depan. Dengan menggunakan plat besi sebagai bahan pembentuknya, Irvan mengaplikasikan lips spoiler alias ‘jenggot’ ala Mazda RX-3 dibawah bumper depan. Pada buritannya, Irvan mengganti lampu belakang, berikut dengan frame, garnish, dan emblem dengan milik Mazda RX-4 yang di impor langsung dari Thailand. Semua modifikasi eksterior itu kemudian diakhiri dengan pelapisan cat berkelir hijau metalik yang inspirasinya didapat dari Mazda 929 yang ada di Australia.

images

images

“Gw pilih warna ini karena gw seneng sama syle warna Mazda 929 yang ada di Australia ya. Disana rata-rata pada berani main warna. Ada yang ungu dan bahkan ada yang pink. Jadi rata-rata mereka pilih warna-warna terang dan mecolok semua,” sebut Irvan yang tinggal di seputaran Depok ini.

images

images

Apa yang terjadi pada eksterior tadi untungan tidak terjadi pada sektor interiornya. Kabin Mazda 929 ini sejak pertama kali dibeli Irvan memang sudah berkondisi baik dan serba original. Mulai dari dashboard, setir, tuas perseneling, emblem Mazda pada glovebox, hingga jam analog yang uniknya posisinya menjadi satu dengan speedometer.

images

images

images

Kondisi seperti ini bisa didapat karena pemilik pertama Mazda 929 ini yang tinggal di Bandung, Jawa Barat, sudah merestorasinya dengan mengorbankan 1 unit Mazda 929 lain sebagai ‘mobil donor’. Dengan begitu, tak banyak yang perlu dilakukan Irvan untuk sektor kabin. Namun demi menyesuaikan kebutuhan berkemudi di jalanan umum Ibukota yang macet dan panas, Irvan menambahkan piranti pendingin kabin (AC) yang diambil dari Mazda varian lain. Sedangkan demi menonjolkan nuansa ‘Racing Retro’, Irvan cukup membubuhkan sepasang headrest model jaring di jok depan dan sebongkah tachometer di pojok kanan dashboard untuk memantau kondisi putaran mesin.

images

Kondisi yang tak jauh berbeda terjadi juga pada sektor mesin. Sejak awal, kondisi mesin Mazda 929 yang berkapasitas 1.800 cc ini bisa dikatakan cukup sehat dan layak pakai. Sebagian besar komponen didalamnya dan komponen penunjangnya pun masih original. Hanya saja, sistem kelistrikan yang oleh pemilik sebelumnya sudah diganti dengan CDI, kini sudah dikembalikan ke aslinya, yaitu menggunakan platina.

images

images

Penggantian lainnya yakni alternator diganti dengan milik mobil masa kini dan juga kipas radiator yang disubstitusi dengan model electric fan supaya temperatur mesin tidak terlampau panas akibat jalanan macet. “Kondisi mesin waktu itu juga gak jauh beda ya interiornya. Jadi dari pertama gw beli sampe sekarang, belum banyak perubahan dan masih standard. Paling cuma kelistrikannya aja. Waktu itu udah pakai CDI, akhirnya gw ganti ke platina lagi sesuai aslinya. Terus kipas radiator juga gw ganti pakai model electric fan supaya mesin gak overheat dan biar mesin gak terlalu berat bebannya,” ungkap Irvan.

images

images

Terakhir sektor kaki-kaki. Pertama kali Irvan meminang Mazda 929 ini, kondisi kaki-kakinya cukup baik tapi jauh dari original. Kala itu, Mazda 929 ini sudah dibuat ceper dan velg-nya pakai velg aftermarket berdiameter 13 inci. Paling parah, steering worm gear-nya sudah oblak. Jadi saat Mazda 929 ini sedang dikemudikan di kecepatan sedang atau melintasi jalanan rusak, setirnya bergoyang keras. Makanya, berpatokan kondisi itu, akhirnya Irvan memodifikasi sektor kaki-kaki sesuai kiblat Mazda 929 di Australia. Tinggi kendaraan dikembalikan seperti aslinya supaya nyaman dan velg diganti dengan velg berukuran lebih gambot, yakni OZ Futura berdiameter 17 inci.

images

Kini, Mazda 929 milik Irvan ini bisa dikatakan sebagai “icon” dari komunitas Mazda retro yang diikutinya. Mantap deh om Irvan………!!

Teks/Foto : Endy

Comments

Situs berita otomotif dan modifikasi khusus mobil yang disajikan begitu special dan ekslusif

Subscribe via Email

Enter your email address to subscribe and receive notifications of new posts by email.